Logo Bloomberg Technoz

Ahmad Muzani Resmi Jadi Ketua MPR 2024-2029

Mis Fransiska Dewi
03 October 2024 11:12

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) resmi menetapkan Ahmad Muzani, anggota fraksi Partai Gerindra sekaligus Sekretaris Jenderal Partai Gerindra sebagai Ketua MPR periode 2024-2029. 

Penetapan tersebut dilakukan pada sidang paripurna ketiga yang dipimpin oleh Ketua Sementara MPR RI Guntur Sasono di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen. Rapat tersebut dihadiri 545 dari 732 anggota MPR yang hadir. 

Selain memilih Ketua MPR, rapat tersebut juga menyepakati delapan wakil ketua MPR dari partai politik yang memiliki wakil di MPR. Delapan wakil MPR itu adalah Bambang Wuryanto (PDIP), Kahar Muzakir (Golkar), Lestari Moerdijat (Nasdem), Rusdi Kirana (PKB), Hidayat Nur Wahid (PKS) Eddy Soeparno (PAN), Edhie Baskoro Yudhoyono (Demokrat), dan wakil ketua MPR dari unsur DPD Abcandra Muhammad Akbar Supratman (anak Menteri Hukum dan HAM Supratman Andi Agtas). 

“Apakah hasil rapat gabungan terkait pimpinan MPR periode 2024-2029 dan keputusan penetapan Ahmad Muzani sebagai ketua MPR 2024-2029 dapat disetujui?,” tanya Guntur dalam rapat, Kamis (3/10/2024). 

Pertanyaan tersebut kemudian serentak disetujui oleh para fraksi partai politik dan kelompok DPD yang turut menghadiri sidang tersebut.