Logo Bloomberg Technoz

Pasang Home Charger EV Dikeluhkan, PLN Cuma Punya 421 Petugas

Dovana Hasiana
03 October 2024 10:10

Bengisian daya baterai kendaraan listrik./Bloomberg-Michaela Nagyidaiova
Bengisian daya baterai kendaraan listrik./Bloomberg-Michaela Nagyidaiova

Bloomberg Technoz, Jakarta PT PLN (Persero), melalui PLN Haleyora Power, mengatakan memiliki 421 tenaga kerja yang tersertifikasi untuk pemasangan layanan pengisian daya di rumah atau home charger dari kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Triant menyebut Haleyora Power juga menerapkan service level agreement (SLA) dengan tenggat paling lama 9 hari kalender sejak work order diberikan, hingga penyambungan selesai, dan home charger EV menyala di rumah pelanggan.

“PLN terus berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pelanggan, termasuk untuk pelanggan home charging services,” ujar Gregorius kepada Bloomberg Technoz, dikutip Kamis (3/10/2024).

Selain itu, Haleyora Power juga telah mempercepat proses penerbitan Nomor Induk Data Instalasi (NIDI), di mana mulai 1 Oktober, NIDI dapat diterbitkan sendiri sehingga proses pemasangan bisa dipersingkat.

Sekadar catatan, NIDI merupakan salah satu syarat dikeluarkannya Sertifikat Laik Operasi (SLO), yang diperlukan agar instalasi listrik dapat dipastikan beroperasi dengan aman. 

Perbanyak Charging Station EV, PLN Gandeng PT Utomo Charge+ Indonesia dan ACME Corporation (Dok. PLN)