Logo Bloomberg Technoz

IMF: Australia Perlu Pangkas Belanja Jika Inflasi Gagal Reda

News
03 October 2024 08:20

Australia. (Sumber: Bloomberg)
Australia. (Sumber: Bloomberg)

Swati Pandey dan Ben Westcott -- Bloomberg News

Bloomberg, Australia perlu mengendalikan pengeluaran fiskal jika inflasi gagal mereda lebih lanjut, kata Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF), yang membantah klaim pemerintah bahwa kebijakannya tidak memengaruhi tekanan harga.

“Pemotongan pajak penghasilan pribadi yang diumumkan sebelumnya dan pos pengeluaran baru termasuk dukungan biaya hidup berbasis luas, diharapkan dapat berkontribusi untuk menggerakkan anggaran ke defisit,” kata IMF dalam pernyataan penutup Misi Pasal IV 2024 pada hari Kamis. Potongan harga energi dan langkah-langkah lain “dapat menyuntikkan beberapa stimulus tambahan ke dalam ekonomi yang lebih luas.”

Penilaian dana tersebut akan menjadi pukulan bagi Menteri Keuangan Jim Chalmers, yang bersikeras bahwa peningkatan pengeluaran bukanlah penyebab harga yang tinggi.

Australia tengah berjuang dengan apa yang disebut sebagai langkah terakhir untuk mengembalikan inflasi ke target Bank Sentral sebesar 2-3% dan sebagai hasilnya telah menahan diri untuk tidak bergabung dengan siklus pelonggaran kebijakan moneter global.