Logo Bloomberg Technoz

Barkin mengutip risiko pada kedua sisi mandat inflasi. Perekonomian dapat terus menikmati pengaruh sisi penawaran yang positif seperti peningkatan partisipasi dan produktivitas tenaga kerja, yang membantu meredakan tekanan harga.

Tetapi "tindakan serikat pekerja baru-baru ini atau penurunan pasokan tenaga kerja" dapat mendorong upah lebih tinggi, katanya. "Deglobalisasi dapat meningkatkan harga impor. Konflik di Timur Tengah dapat memburuk."

Barkin mengatakan pasar tenaga kerja dalam "kondisi baik." Ia mencatat bahwa perekrutan telah melambat tetapi PHK juga rendah. Ia mengatakan kondisi itu tidak mungkin bertahan lama, dan bisa saja berubah. Tekanan laba dapat memaksa beberapa perusahaan untuk mulai mengurangi jumlah karyawan sementara peningkatan permintaan dapat menciptakan kondisi di mana pengusaha kembali kekurangan staf.

Pejabat Fed akan melihat data pasar tenaga kerja terbaru pada hari Jumat. Tingkat pengangguran diperkirakan akan tetap stabil di 4,2% pada bulan September sementara jumlah gaji diperkirakan akan naik sebesar 150.000.

“Kemenangan memiliki arti yang berbeda bagi setiap orang, dan — meskipun kita telah membuat kemajuan nyata — masih ada ketidakpastian yang signifikan pada inflasi dan ketenagakerjaan,” katanya.

(bbn)

No more pages