Logo Bloomberg Technoz

The Fed: Ada Kemajuan Tapi Belum Bisa Sebut Menang dari Inflasi

News
03 October 2024 06:00

Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin. (Dok: Bloomberg)
Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Thomas Barkin. (Dok: Bloomberg)

Craig Torres dan Jarrell Dillard -- Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Federal Reserve Bank of Richmond Tom Barkin mencatat kemajuan data inflasi dan sinyal bahwa kekuatan harga sedang ditekan oleh ekonomi, meskipun ia mengatakan masih terlalu dini bagi bank sentral untuk menyatakan kemenangan.

"Masih sulit untuk mengatakan bahwa pertempuran inflasi telah dimenangkan. Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengatasi inflasi," kata Barkin dalam sambutan yang disiapkan pada hari Rabu di Wilmington, North Carolina pada sebuah konferensi yang diselenggarakan oleh University of North Carolina Wilmington.

Barkin memberikan suara bersama mayoritas Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada 18 September untuk menurunkan suku bunga acuan pinjaman 50 basispoin (bps)ke kisaran 4,75% hingga 5%. Ia menggambarkan pemangkasan itu sebagai "kalibrasi ulang", kata yang sama yang digunakan oleh Gubernur The Fed Jerome Powell selama konferensi persnya setelah pertemuan kebijakan.

Inflasi inti tiga bulan berada tepat di atas target Fed sebesar 2% pada 2,1%, kata Barkin, tetapi menambahkan bahwa ia tidak memperkirakan suku bunga 12 bulan akan "turun lebih jauh hingga 2025, karena kita masih berada di sekitar angka inflasi rendah dari akhir tahun lalu."