Logo Bloomberg Technoz

Mercedes & BMW Desak Jerman Tolak Tarif Kendaraan Listrik China

News
03 October 2024 06:20

Sill plate mobil Mercedes-Benz (Dok mercedes-benz.co.id)
Sill plate mobil Mercedes-Benz (Dok mercedes-benz.co.id)

Wilfried Eckl-Dorna -- Bloomberg News

Bloomberg, Mercedes-Benz Group AG dan BMW AG mendesak Jerman untuk memberikan suara menentang pengenaan tarif Uni Eropa (UE) yang jauh lebih tinggi pada kendaraan listrik buatan China karena produsen mobil Jerman berusaha menghindari perselisihan dengan pasar terpenting mereka.

“Uni Eropa harus mencari solusi yang dinegosiasikan dengan China alih-alih mengenakan tarif,” kata Kepala Eksekutif Mercedes-Benz Ola Källenius dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu. Suara ‘tidak’ dari pemerintah Jerman akan menjadi sinyal ini dan akan membantu menghindari konflik perdagangan, tambahnya.

“Tarif tambahan merugikan perusahaan yang aktif secara global di negara ini dan dapat memicu sengketa perdagangan yang tidak menguntungkan siapa pun,” kata Kepala Eksekutif BMW Oliver Zipse dalam pernyataan sebelumnya pada hari Rabu. “Oleh karena itu, pemerintah Jerman harus mengambil posisi yang jelas.”

Negara-negara anggota UE bersiap untuk memberikan suara pada hari Jumat untuk mengenakan tarif definitif setinggi 45% pada EV impor yang dibuat di Tiongkok. Diperlukan mayoritas yang memenuhi syarat — 15 negara anggota yang mewakili 65% dari populasi blok tersebut — untuk memblokir tarif tersebut.