Logo Bloomberg Technoz

OpenAI Raih Pendanaan US$6,6 Miliar, Valuasi Kini Capai US$157 M

News
03 October 2024 07:00

CEO OpenAI Sam Altman. (Dok: Bloomberg)
CEO OpenAI Sam Altman. (Dok: Bloomberg)

Shirin Ghaffary dan Rachel Metz — Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan teknologi OpenAI telah menyelesaikan kesepakatan untuk mengumpulkan dana baru sebesar US$6,6 miliar, yang menjadikan perusahaan kecerdasan buatan tersebut memiliki valuasi sebesar US$157 miliar, dan memperkuat upayanya untuk membangun teknologi AI generatif di dunia.

Kesepakatan tersebut merupakan salah satu investasi swasta terbesar yang pernah ada, dan menjadikan OpenAI sebagai salah satu dari tiga perusahaan rintisan yang didukung modal ventura terbesar, bersama dengan SpaceX milik Elon Musk dan pemilik TikTok, ByteDance Ltd.

Besarnya investasi tersebut menggarisbawahi keyakinan industri teknologi terhadap kekuatan AI, dan keinginannya terhadap penelitian yang sangat mahal untuk mendorong kemajuannya.

Putaran pendanaan tersebut dipimpin oleh Thrive Capital, perusahaan modal ventura yang dipimpin oleh Josh Kushner, dengan partisipasi dari investor termasuk Khosla Ventures, Altimeter Capital, dan Fidelity Management & Research Company. Pendukung lainnya termasuk Microsoft Corp., yang telah menginvestasikan US$13 miliar di perusahaan rintisan tersebut, dan Nvidia Corp, pembuat cip yang prosesornya yang canggih menjadi pusat dari ledakan AI.