Logo Bloomberg Technoz

Pos Strategis Vuhledar Dikuasai Rusia, Ukraina Mundur

News
02 October 2024 19:20

Invasi Rusia di Ukraina (Dok: Bloomberg)
Invasi Rusia di Ukraina (Dok: Bloomberg)

Kateryna Chursina - Bloomberg News

Bloomberg, Pasukan Ukraina terpaksa mundur dari pos strategis di garis depan wilayah Donetsk timur saat pasukan Rusia terus maju secara perlahan di daerah yang menjadi target Kremlin sejak invasi pada awal 2022.

Rusia kini menguasai kota pertambangan batu bara strategis, Vuhledar, hanya sehari setelah memasuki dan menduduki sekitar setengah dari kota tersebut, demikian menurut laporan DeepState pada Rabu (02/10/2024). Layanan pemetaan ini bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Ukraina.

Vuhledar memiliki nilai strategis di medan perang, terutama menjelang musim dingin. Kota ini terletak di dataran tinggi dengan blok apartemen bertingkat yang memberikan keuntungan taktis di tengah-tengah ladang datar sekitarnya.

Kota ini juga berjarak beberapa kilometer dari jalur kereta api yang dikuasai Rusia, menghubungkan Donetsk dengan Krimea yang diduduki. Jalur tersebut bisa menjadi alternatif penting bagi Kremlin setelah Jembatan Kerch dan jalur maritim ke semenanjung semakin sering diserang oleh drone angkatan laut Ukraina.