Logo Bloomberg Technoz

Kemlu RI: Evakuasi WNI di Lebanon Sedang Berlangsung

Rosmayanti
02 October 2024 16:20

Bangunan yang runtih di Haret Hreiksisi, selatan Beirut, Lebanon, akibat serangan udara Israel. (Bloomberg)
Bangunan yang runtih di Haret Hreiksisi, selatan Beirut, Lebanon, akibat serangan udara Israel. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Roy Soemirat menyatakan bahwa proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Lebanon tengah berlangsung. Pemulangan WNI ini merupakan perintah langsung Presiden Jokowi kepada Menlu RI Retno Marsudi.

"Keselamatan WNI terus menjadi perhatian utama Pemerintah RI. ⁠Terkait hal ini, proses evakuasi WNI dari Lebanon sedang berlangsung," ujar Roy melalui pernyataan tertulisnya, Rabu (2/10/2024).

Roy tidak membeberkan waktu pasti upaya evakuasi WNI di Lebanon dimulai. Berdasarkan data sementara, jumlah WNI di Lebanon saat ini sebanyak 157 orang. Jumlah ini belum termasuk anggota TNI yang menjadi pasukan penjaga perdamaian di misi UNIFIL.

Dia menambahkan, saat ini seluruh KBRI di kawasan Timur Tengah terus menjalin komunikasi dengan seluruh WNI setempat untuk mempermudah dan memastikan kondisi mereka di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Kemlu RI untuk segera memulangkan WNI di Lebanon. Hal ini disampaikan usai terjadi peningkatan eskalasi perang antara Israel dan Iran di kawasan tersebut.