Logo Bloomberg Technoz

Keponakan Prabowo jadi Ketua Fraksi Gerindra di DPR 2024-2029

Muhammad Fikri
02 October 2024 16:00

Budisatrio Djiwandono di Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di GBK, Sabtu (10/2/24). (Mis Fransiska/Bloomberg Technoz)
Budisatrio Djiwandono di Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di GBK, Sabtu (10/2/24). (Mis Fransiska/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Periode 2024-2029 telah menggelar rapat paripurna pertama. Delapan fraksi di parlemen pun mulai mengajukan susunan kepengurusan di DPR untuk periode tersebut.

Beberapa nama muncul sebagai ketua fraksi baru pada sejumlah partai politik. Salah satunya, keponakan Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto, Gerardus Budisatrio Djiwandono atau Budi Djiwandono yang menjadi ketua fraksi Partai Gerindra.

Dia menggantikan dua seniornya; Ahmad Muzani dan Edhy Prabowo yang menjadi ketua fraksi Partai Gerindra pada DPR periode 2019-2024.

Selain itu, Partai Golkar juga tak lagi memberikan jabatan ketua fraksi kepada politikus senior Kahar Muzakir yang kabarnya akan menjadi pimpinan Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR). Posisi tersebut diberikan kepada Muhammad Sarmuji.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga melepas Cucun Ahmad Syamsurijal yang menjadi Ketua DPR dari posisi ketua fraksi. Posisi tersebut kemudian diserahkan kepada Jazilul Fawaid. Partai Nasdem juga memindahkan jabatan ketua fraksi dari Ahmad Ali kepada mantan Gubernur NTT Viktor Laiskodat.