Logo Bloomberg Technoz

“Dinamika ekonomi dan keuangan global dapat berkembang begitu cepat, termasuk risiko geopolitik yang kita saksikan dalam hari-hari ini di Timur Tengah yang tentu saja memiliki implikasi pada ekonomi,” kata Juda di Kantor Bank Indonesia, hari ini. 

Saham dan surat utang dilepas

Pelemahan rupiah yang terdalam di Asia hari ini, terbebani juga oleh aksi jual saham dan surat utang oleh para investor di pasar domestik.

IHSG ambles 1,52%, terlempar lagi ke level 7.524. Sementara di pasar surat utang negara, mayoritas tenor SBN menunjukkan kenaikan imbal hasil, indikasi ada tekanan harga.

Yield SBN-2Y tercatat naik ke 6,34%, lalu 5Y saat ini di 6,26% dan 10Y naik juga di 6,48%, berdasarkan data realtime Bloomberg pada pukul 15:46 WIB.

Tekanan jual bukan hanya di pasar domestik. Kekhawatiran akan pecahnya 'perang' baru membuat perburuan aset safe haven melonjak dan meninggalkan aset-aset yang lebih berisiko.

Harga emas bertahan di level US$2.652 per troy ounce sore ini. Sedangkan indeks dolar stabil di kisaran 101,16. Bursa saham di Asia sebagian merah seperti di Jepang dan Korea Selatan. Sementara bursa saham Eropa dibuka menguat siang tadi.

-- dengan bantuan laporan Azura Yumna.

(rui)

No more pages