Logo Bloomberg Technoz

Tak berhenti disitu, saham PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) dan PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) juga tercatat mengalami kenaikan masing-masing sebesar 6,05% dan 7,95%. Dalam sepekan terakhir, kedua saham tersebut juga masih mengakumulasi kenaikan 4,37% dan 3,14%.

Diketahui, ketegangan konflik Timur Tengah saat ini kian kembali memanas usai Iran menembakkan roket ke Israel pada Selasa kemarin, yang memicu risiko gangguan pasokan di wilayah yang memompa sepertiga minyak mentah dunia.

Apalagi, serangan itu juga langsung direspons oleh Israel. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berjanji akan membalas serangan 200 rudal balistik Iran tersebut.

Di Israel, Netanyahu mengatakan bahwa Iran telah melakukan kesalahan besar, “dan mereka akan membayarnya," dikutip Bloomberg News.

Ketengan itu pun turut memicu kenaikan harga minyak Brent ke level di atas US$74/barel, setelah sempat melonjak lebih dari 5%. Sementara, West Texas Intermediate (WTI) naik mendekati US$71/barel.

Analis RHB Sekuritas Michael Setjoadi mengatakan, saat ini menjadi momen yang tepat untuk memanfaatkan situasi. IHSG sedang dalam tren turun, di sisi lain harga komoditas migas sedang naik.

"Fokus pada komoditas seperti logam dan minyak, yang berpeluang memperoleh gain dari tingginya harga minyak seiring dengan tensi geoplitik dan stimulus ekonomi China," jelas Michael.

"Faktor-faktor ini berpotensi meningkatkan permintaan di sektor-sektor tersebut."

Michael menjatuhkan saham pilihannya pada MEDC, ELSA, ENRG, MDKA.

(ibn/dhf)

No more pages