Logo Bloomberg Technoz

Golkar Bantah Tukar Kursi Ketua MPR dengan 5 Menteri Prabowo

Muhammad Fikri
02 October 2024 14:35

Rencana Kabinet/Menteri Prabowo (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Rencana Kabinet/Menteri Prabowo (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Golkar menampik telah menukar jatah mendapatkan kursi ketua Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR) dengan alokasi lima menteri pada pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI Muhammad Sarmuji mengatakan, partainya mendapat banyak jatah kursi menteri bukan karena kesepakatan tukar guling dengan Prabowo dan Partai Gerindra. Dia menilai, Prabowo sebagai presiden terpilih pasti menemukan banyak kader Golkar yang memenuhi kriteria sebagai menteri yang profesional.

“Bukan karena tukar ini tukar itu. Tapi Pak Prabowo mengetahui benar bahwa Golkar banyak orang dalam kategori zaken [profesional], seperti yang dikehendaki Pak Prabowo,” kata Sarmuji di Kompleks DPR, Rabu (2/10/2024).

Sebelumnya, Partai Golkar memang dikabarkan tak akan mengajukan kadernya untuk menjadi Ketua MPR periode 2024-2029. Padahal, partai berlambang pohon beringin ini adalah peraih suara terbanyak kedua pada Pemilu 2024; biasanya berhak mendapat posisi Ketua MPR.

Kabarnya, jatah tersebut akan diberikan kepada Partai Gerindra yang mengusung Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani.