Logo Bloomberg Technoz

Staf Samsung dari berbagai tim di Singapura dipanggil ke pertemuan tertutup pada Selasa (1/10/2024) dengan manajer SDM dan manajer reportasi mereka, dan diberi tahu tentang rincian paket penghematan dan pesangon, kata orang lain yang mengetahui masalah ini.

"Beberapa anak perusahaan di luar negeri melakukan penyesuaian tenaga kerja secara rutin untuk meningkatkan efisiensi operasional," kata juru bicara Samsung. "Perusahaan belum menetapkan jumlah target untuk posisi tertentu."

Saham Samsung telah merosot lebih dari 20% tahun ini karena produsen cip memori dan smartphone terbesar di dunia ini mengalami kesulitan di pasar-pasar utama.

Perusahaan tertinggal dari saingannya, SK Hynix Inc, dalam cip memori yang digunakan untuk kecerdasan buatan, dan hanya membuat sedikit kemajuan melawan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co dalam produksi cip yang dibuat khusus untuk pelanggan luar.

Tugas untuk memimpin Samsung melalui tantangan terbarunya sekarang jatuh ke tangan Direktur Eksekutif Jay Y Lee, cucu pendiri perusahaan. Pria berusia 56 tahun ini dibebaskan dari tuduhan manipulasi saham pada Februari setelah bertahun-tahun menghadapi masalah hukum.

Samsung berada dalam posisi yang tidak biasa karena harus mengejar ketertinggalannya dari SK Hynix, yang memimpin produksi cip memori bandwidth tinggi yang dipasangkan dengan akselerator AI Nvidia Corp untuk melatih model kecerdasan buatan.

Jumlah karyawan Samsung. (Bloomberg)

Samsung secara tiba-tiba mengganti kepala bisnis cip-nya tahun ini. Kepala yang baru ditunjuk, Jun Young-hyun, memperingatkan bahwa perusahaan harus mengubah budaya tempat kerjanya atau terjebak dalam "lingkaran setan".

Perusahaan telah mengurangi jumlah tenaga kerjanya di masa lalu saat menavigasi pasar cip memori yang terkenal dengan siklusnya. Samsung baru-baru ini memangkas sekitar 10% pekerjaan di India dan beberapa bagian Amerika Latin.

Dalam upaya terbaru, Samsung kemungkinan akan memangkas kurang dari 10% dari total 147.000 staf di luar negeri.

Perusahaan bertujuan untuk mempertahankan pekerjaan manufaktur, sementara itu memangkas divisi manajemen dan dukungan.

Angka-angka tersebut akan dipengaruhi oleh peraturan tenaga kerja lokal dan prioritas keuangan. Samsung juga telah berseteru dengan para karyawan di Korea Selatan. Serikat pekerja terbesar dari beberapa serikat pekerja raksasa teknologi ini melakukan pemogokan pertama pada Mei.

(bbn)

No more pages