Logo Bloomberg Technoz

Golkar Legowo Kursi Ketua MPR Diambil Gerindra

Muhammad Fikri
02 October 2024 14:05

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Golkar memberikan sinyal akan merelakan kursi Ketua Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR) kepada Partai Gerindra. Hal ini menyusul sejumlah kabar koalisi pemerintahan Prabowo Subianto memang akan menempatkan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani pada posisi tersebut.

Meski demikian, Ketua Fraksi Golkar Muhammad Sarmuji masih enggan memberikan konfirmasi secara gamblang. Dia mengklaim, partai berlambang pohon beringin tersebut akan menyampaikan sikap resmi usai rapat pemilihan ketua MPR, nanti malam.

“Saya belum bisa sebutkan tapi yang jelas nanti akan dimusyawarahkan dan hasilnya kita lihat nanti ya” kata Sarmuji kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (2/10/2024).

Meski tak tercantum pada Tatib, DPR dan DPD memiliki kebiasaan untuk memberikan kursi ketua MPR kepada partai politik peraih suara terbanyak kedua pada pemilu tahun tersebut. Jika sesuai tradisi, berarti kursi ketua MPR seharusnya kembali ke tangan Partai Golkar.

Sesuai data Komisi Pemilihan Umum (KPU), PDIP tercatat sebagai partai dengan perolehan suara tertinggi dengan raihan 25.387.279 suara atau setara 16,72% suara sah. Capaian ini membuat PDIP kembali mengusung Puan Maharani menjadi Ketua DPR 2024-2029.