Logo Bloomberg Technoz

Gertak Korut, Pertama Kali Korsel Pamer Rudal Terkuat

Redaksi
02 October 2024 14:20

Rudal balistik Hyunmoo-5 milik Korea Selatan. Foto: Istimewa
Rudal balistik Hyunmoo-5 milik Korea Selatan. Foto: Istimewa

Bloomberg Technoz, Jakarta - Untuk pertama kali Korea Selatan (Korsel) memamerkan rudal terkuat yang dimiliki pada Selasa (01/10/2023). Rudal ini ditampilkan dalam rangka memperingati Hari Angkatan Bersenjata negara tersebut sebagai peringatan nyata terhadap ancaman nuklir dan rudal Korea Utara.

Mengutip kantor berita Yonhap, dua peluncur rudal bergerak yang membawa Hyunmoo-5, yang merupakan rencana inti dari pembalasan Korea Selatan terhadap serangan besar Korea Utara, termasuk di antara peralatan militer yang dipamerkan dalam sebuah upacara di Pangkalan Udara Seoul di Seongnam, di sebelah selatan ibu kota.

Rudal balistik darat-ke-darat, yang dijuluki monster karena ukurannya, selama ini dirahasiakan karena kepentingan strategisnya. Rudal ini diketahui mampu membawa hulu ledak seberat sekitar 8 ton dan mampu menghancurkan bunker bawah tanah.

Korsel telah mengembangkan serangkaian rudal Hyunmoo, termasuk rudal balistik dan rudal jelajah. Korea Selatan meluncurkan Hyunmoo-4 pada upacara Hari Angkatan Bersenjata tahun lalu. Akan tetapi, rudal itu hanya mampu mengangkut muatan sekitar dua ton.

Dalam upacara ini, peluncur erektor pengangkut 9-poros merangkak melintasi landasan pacu, masing-masing membawa tabung yang diperkirakan memiliki panjang sekitar 20 meter, yang tampaknya merupakan tempat rudal “berkekuatan tinggi” dan “berpresisi tinggi” yang diketahui dapat menargetkan sasaran di mana saja di Korea Utara.