Logo Bloomberg Technoz

Profil & Harta Puan Maharani yang Jadi Ketua DPR 2024-2029

Referensi
02 October 2024 13:54

Puan Aminkan Dugaan Koalisi PDIP dan Pemerintah Prabowo-Gibran (Bloomberg Technoz)
Puan Aminkan Dugaan Koalisi PDIP dan Pemerintah Prabowo-Gibran (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Puan Maharani kembali menjadi sorotan setelah terpilih lagi sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk periode 2024-2029.

Penetapan ini dilakukan pada Sidang Paripurna ke-2 DPR Masa Sidang 2024-2025 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada Selasa, 1 Oktober 2024. 

Karier politiknya yang cemerlang dan kekayaan yang ia miliki menjadikannya salah satu tokoh politik paling berpengaruh di Indonesia saat ini.

Perjalanan Pendidikan dan Awal Karier Politik Puan Maharani

Momen Puan Menangis Saat Sidang Terakhir DPR RI (DPR RI)

Puan Maharani menyelesaikan pendidikan formalnya di Universitas Indonesia, jurusan Komunikasi Massa, dan memperoleh gelar Sarjana pada tahun 1997. Setelah lulus, ia langsung terjun ke dunia politik dengan bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), partai yang didirikan oleh ibunya, Megawati Soekarnoputri.

Langkah awal karier politik Puan dimulai pada tahun 2006 ketika ia bergabung dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai anggota bidang luar negeri. Namun, namanya mulai dikenal luas pada Pemilu 2009 ketika ia terpilih sebagai anggota DPR mewakili Fraksi PDI-P, setelah meraih suara terbanyak di daerah Jawa Tengah yang meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten, dan Boyolali.

Karier Politik yang Melesat

Puan Maharani Jabat Ketua DPR RI Lagi (Dok. Puan Maharani)