Logo Bloomberg Technoz

Taiwan Siaga Topan Krathon, Bursa Saham Berpotensi Tutup Lagi

News
02 October 2024 14:00

Ilustrasi topan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi topan. (Dok: Bloomberg)

Mary Hui, Cindy Wang dan Chien-Hua Wan - Bloomberg News

Bloomberg, Topan Krathon mendekat ke Taiwan dengan angin kencang dan hujan deras, diperkirakan akan mendarat pada Kamis (03/10/2024) pagi. Kondisi cuaca buruk ini berpotensi membuat pasar saham Taiwan senilai US$2,5 triliun tutup untuk hari kedua berturut-turut.

Menurut Badan Cuaca Pusat (CWA) Taiwan, kecepatan angin maksimum topan Krathon mencapai 173 kilometer per jam. Meskipun intensitas badai telah melemah saat mendekati pulau, Krathon masih tergolong topan kategori 2 dalam skala Saffir-Simpson.

Sekolah, kantor, dan pelabuhan di seluruh Taiwan ditutup, sementara CWA memperkirakan hujan deras akan melanda wilayah timur dan tenggara dalam 24 jam ke depan. Menurut perkiraan CWA, di beberapa area pegunungan curah hujan diperkirakan mencapai hingga 70 sentimeter.

Posisi Krathon terakhir tercatat berada 140 kilometer barat daya Kaohsiung pada pukul 10:15 waktu setempat, dengan setidaknya 16 kabupaten dan kota diperkirakan akan memenuhi syarat untuk perpanjangan penutupan sekolah dan kantor hingga Kamis, seperti yang dilaporkan media lokal.