Logo Bloomberg Technoz

Presiden Iran Ungkap Alasan Serang Israel dengan Ratusan Rudal

Delia Arnindita Larasati
02 October 2024 12:40

Presiden Iran Masoud Pezeshkian.
Presiden Iran Masoud Pezeshkian.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Iran, Masoud Pezeshkian, menyatakan bahwa serangan rudal yang diluncurkan negaranya terhadap Israel merupakan tindakan "berdasarkan hak-hak pertahanan diri yang sah."

Dalam pernyataan yang dirilis melalui platform X pada Selasa (01/10/2024), Pezeshkian menjelaskan bahwa serangan tersebut dilakukan untuk melindungi kepentingan dan warga negara Iran, serta merupakan tanggapan atas "agresi" Israel.

"Beri tahu Netanyahu bahwa Iran bukan negara yang suka berperang. Namun, Iran berdiri teguh melawan setiap ancaman. Ini adalah salah satu bukti kekuatan kami. Jangan terlibat konflik dengan Iran," demikian bunyi pernyataan Pezeshkian.

Iran dilaporkan telah menembakkan ratusan rudal balistik ke wilayah Israel di tengah ketegangan yang terus meningkat antara kedua negara. Pada Rabu (02/10/2024) pagi, Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araqchi, mengatakan bahwa serangan rudal tersebut telah berakhir, kecuali jika ada provokasi lebih lanjut dari Israel. Di sisi lain, Israel dan Amerika Serikat berjanji akan merespons serangan Iran, memicu kekhawatiran akan eskalasi konflik yang lebih luas.

"Tindakan kami telah selesai kecuali rezim Israel memutuskan untuk memicu pembalasan lebih lanjut. Jika itu terjadi, tanggapan kami akan lebih kuat dan lebih tegas," ujar Araqchi melalui platform X.