Logo Bloomberg Technoz

Profil 4 Pimpinan DPD 2024-2029: Sultan Najamudin Cs

Redaksi
02 October 2024 11:50

Pimpinan DPD 2024-2029; Sultan Najamudin, GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung. (Dok DPD RI)
Pimpinan DPD 2024-2029; Sultan Najamudin, GKR Hemas, Yorrys Raweyai, dan Tamsil Linrung. (Dok DPD RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Legislator daerah asal Daerah Pemilihan Bengkulu, Sultan Bachtiar Najamudin atau Sultan Najamudin berhasil menjadi ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2024-2029. Dia mengalahkan petahana dari Dapil Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti yang menjabat Ketua DPD periode 2019-2024.

Kemenangan Najamudin diperoleh usai 151 anggota DPR menggelar rapat pemilihan melalui skema pemungutan suara atau voting atas dua paket calon pimpinan yang bertarung. 

Paket pertama, Najamudin menggandeng tiga anggota lain untuk menjadi pimpinan DPD. Mereka adalah GKR Hemas dari Dapil DI Yogyakarta yang menjadi representasi Sub Wilayah Barat II; Yorrys Raweyai dari Dapil Papua di Sub Wilayah Timur II; dan Tamsil Linrung dari Dapil Sulawesi Selatan di Sub Wilayah Timur I.

Sedangkan paket kedua, La Nyalla menggandeng Nono Sampono dari Dapil Maluku di Sub Wilayah Timur II; Andi Muhammad Ihsan dari Dapil Sulawesi Selatan di Sub Wilayah Timur I; dan Elviana dari Dapil Jambi di Sub Wilayah Barat I.
 
Berdasarkan hasil voting, Najamudin cs meraih 95 suara; sedangkan La Nyala hanya 56 suara. Najamudin pun ditetapkan sebagai Ketua DPD RI; GKR Hemas sebagai Wakil Ketua I; Yorrys Raweyai sebagai Wakil Ketua II; dan Tamsil Linrung sebagai Wakil Ketua III DPD RI.

Sultan Bachtiar Najamudin