Logo Bloomberg Technoz

Peluncuran ini terjadi setelah pasukan Israel bergerak ke Lebanon selatan sebagai bagian dari kampanye melawan Hizbullah yang didukung Teheran.

AS pada hari sebelumnya memperingatkan akan adanya serangan yang akan segera dilakukan Iran. Harga minyak melonjak lebih dari 4%. Obligasi dan emas naik, sementara saham turun karena para investor mundur ke aset-aset yang lebih aman.

Konfrontasi Israel dengan Iran melalui Hizbullah meningkat pada Jumat (27/9/2024) setelah pembunuhan pemimpin kelompok tersebut, Hassan Nasrallah, dalam serangan udara besar-besaran di selatan Beirut.

Iran telah bersumpah untuk menyerang Israel sebagai pembalasan, dan juga atas pembunuhan yang dicurigai dilakukan Israel pada Juli terhadap pemimpin politik Hamas ketika berada di Teheran, meskipun sejauh ini responsnya masih terkendali.

"Kita berada di ambang perang habis-habisan antara Israel dan Hizbullah, yang dapat menghancurkan Lebanon dan cukup menyakitkan bagi Israel," kata Bruce Riedel, mantan perwira intelijen senior AS dan peneliti senior non-residen di Pusat Kebijakan Timur Tengah Brookings. "Jika mereka juga melibatkan Iran, maka seluruh kawasan ini akan terancam."

Ini adalah serangan langsung kedua Iran terhadap Israel dalam kurun waktu hampir enam bulan. Serangan pertama pada April lalu hanya menimbulkan sedikit kerusakan, sebagian karena serangan ini telah diperingatkan sebelumnya dan melibatkan rudal dan pesawat tak berawak yang bergerak lebih lambat.

Hal ini membantu angkatan udara Israel menembak jatuh sebagian besar proyektil dengan bantuan dari AS, Inggris, Prancis, dan Yordania.

Di bawah tekanan dari AS, respons Israel terbatas pada serangan terhadap pangkalan udara Iran. Serangan ini juga merupakan eskalasi terbaru dari konflik yang lebih luas yang dimulai ketika Hamas, yang juga didukung Iran, menyerang negara Yahudi itu hampir setahun lalu.

Israel telah menolak seruan gencatan senjata dari AS dan pihak-pihak lain, dan mengatakan bulan lalu bahwa mereka mengalihkan fokus operasi militer dari kampanye di Jalur Gaza ke Lebanon.

Gedung Putih mengatakan Presiden Joe Biden mengadakan pertemuan pada Selasa pagi dengan Wakil Presiden Kamala Harris dan tim keamanan nasional mereka. Mereka memantau serangan Iran dari Ruang Situasi Gedung Putih.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Sean Savett mengatakan pada X bahwa presiden mengerahkan militer AS untuk membantu pertahanan Israel dan menembak jatuh setiap rudal yang menargetkan negara tersebut.

AS telah meningkatkan postur militernya di Timur Tengah dalam beberapa hari terakhir, kata Pentagon, dan mengumumkan pada Senin (30/9/2024) bahwa mereka akan mengirimkan beberapa ribu pasukan tambahan ke wilayah tersebut, termasuk skuadron jet tempur tambahan.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan kepada mitranya dari Israel, Yoav Gallant, pada Selasa bahwa AS "diposisikan dengan baik" untuk mempertahankan sekutu, mitra, dan pasukan AS dari ancaman Iran, dan keduanya mendiskusikan "konsekuensi berat" untuk serangan langsung ke Israel, menurut pembacaan panggilan telepon tersebut.

Iran memiliki persediaan rudal balistik dan rudal jelajah "yang cukup besar" yang mampu mencapai target sejauh 2.000 kilometer (1.200 mil) dari perbatasannya, Badan Intelijen Pertahanan (DIA) AS mengatakan pada April dalam penilaian tahunan terhadap ancaman global.

DIA menambahkan tahun lalu Teheran "berfokus pada pengerahan sistem jarak jauh generasi baru untuk melawan Israel." Sejak awal 2023, DIA mengatakan, Teheran telah meluncurkan tiga rudal baru yang mampu menyerang Israel dari bagian barat Iran, termasuk rudal jelajah serangan darat dan rudal balistik yang diklaim sebagai rudal hipersonik.

Pasukan Israel semalam memulai apa yang dikatakan pemerintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sebagai "serangan darat yang ditargetkan" di Lebanon bersamaan dengan serangan udara di pinggiran selatan Beirut, tentara kemudian melaporkan "pertempuran sengit."

Hizbullah menembakkan sejumlah roket sebagai balasannya dan jutaan warga Israel telah mengungsi ke tempat-tempat penampungan, kata IDF.

(bbn)

No more pages