Logo Bloomberg Technoz

BI Minta Masyarakat Banyak Belanja Demi Jaga Pertumbuhan Ekonomi

Azura Yumna Ramadani Purnama
02 October 2024 07:30

Logo Bank Indonesia.
Logo Bank Indonesia.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) meminta masyarakat untuk banyak berbelanja hingga akhir tahun ini untuk dapat memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5% pada 2024.

Manajer Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Farisan Aufar menyebut, banyaknya belanja yang dilakukan masyarakat akan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi RI. Sebab, konsumsi masyarakat masih menjadi mesin utama dalam pertumbuhan ekonomi RI.

“Jadi kami harap teman-teman lebih banyak spending [belanja] karena spending [belanja] is helping [membantu] di ekonomi,” kata Farisan dalam YouTube Bank Indonesia, dikutip Rabu (2/1/2024).

Dalam kaitan itu, Farisan meminta agar masyarakat perlu optimis bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah cukup baik dan akan tumbuh lebih baik lagi ke depan, terutama dengan adanya dukungan kebijakan moneter BI dan kebijakan fiskal yang diberikan pemerintah.

Meski begitu, Farisan menyatakan pada semester II-2024 ini pihaknya mewaspadai rambatan konflik global ke perekonomian domestik. Ia menyatakan. BI dan pemerintah terus berkoordinasi untuk menjaga RI dari dampak rambatan ekonomi global.