Logo Bloomberg Technoz

"Pasar berada dalam mode menunggu dan melihat," kata Kathleen Brooks, direktur riset di XTB. "24 jam ke depan akan sangat penting untuk melihat seberapa jauh situasi ini meningkat dan apakah terburu-buru ke tempat yang aman dapat dibenarkan."

Harga minyak dunia. (Bloomberg)

Jika konflik mereda, Brooks mengatakan bahwa ia memperkirakan saham-saham dan saham-saham teknologi akan pulih. Sektor teknologi adalah sektor yang berkinerja terburuk pada Selasa, Apple Inc dan Nvidia Corp merosot sekitar 3%. Nasdaq 100 memangkas kerugian lebih dari 2% menjadi 1,4% pada perdagangan sore hari.

Indeks saham China yang terdaftar di AS melonjak untuk hari keempat dengan pasar di negara Asia yang tutup untuk Golden Week. Konflik Timur Tengah menutupi sinyal dari data ekonomi Selasa.

Indeks harga ISM AS turun paling besar sejak Mei 2023, sementara pembukaan lapangan kerja AS naik di Agustus ke level tertinggi tiga bulan, bertentangan dengan pembacaan lain yang mengindikasikan perlambatan permintaan pekerja. 

Imbal hasil obligasi tetap lebih rendah dengan tenor 10 tahun berada di kisaran 3,73%. Data baru ini "akan membebani imbal hasil 10 tahun, dolar, dan saham-saham layanan ketenagakerjaan, meskipun rilis data penggajian lebih berpengaruh," menurut Stan Shipley dari Evercore ISI, yang mengacu pada rilis data ketenagakerjaan yang sangat dinanti-nantikan pada Jumat (4/10/2024). 

"Namun, cerita-cerita geopolitik dari Timur Tengah lebih penting untuk pasar Treasury."

Investor juga akan berkesempatan untuk mendengar calon wakil presiden JD Vance dan Tim Walz dalam debat tunggal mereka pada musim Pemilu kali ini di Amerika Serikat (AS). Kedua calon wakil presiden ini sedang berusaha memenangkan suara swing voters yang krusial menjelang November.

Saham Nike Inc melemah dalam perdagangan pasca-pasar setelah produsen pakaian atletik ini melaporkan pendapatan kuartalan yang meleset dari estimasi.

Indeks VIX. (Bloomberg)

Di pasar uang, para pedagang swap bertaruh pada peluang satu-dari-tiga bahwa The Fed akan melakukan pemangkasan suku bunga sebesar setengah poin di November. Namun, hal ini mungkin tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan, demikian diperingatkan oleh Larry Fink.

"Jumlah pelonggaran yang ada di kurva ke depan sangatlah besar," ujar Fink, kepala eksekutif BlackRock Inc dalam wawancara dengan Bloomberg Television. "Ada ruang untuk pelonggaran lebih banyak, tetapi tidak sebanyak yang ditunjukkan oleh kurva ke depan."

Di sisi lain, inflasi kawasan Euro melambat di bawah target 2% Bank Sentral Eropa untuk pertama kalinya sejak 2021, mendorong pasar uang untuk menambah pertaruhan atas penurunan seperempat poin oleh ECB bulan ini. Presiden ECB Christine Lagarde mengatakan bahwa bank tersebut semakin optimis untuk mengurangi tekanan harga.

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

  • S&P 500 berjangka turun 0,1% pada pukul 7:26 pagi waktu Tokyo
  • Nikkei 225 berjangka turun 2%
  • S&P/ASX 200 berjangka tidak banyak berubah

Mata Uang

  • Bloomberg Dollar Spot Index sedikit berubah
  • Yen Jepang sedikit berubah pada 143,47 per dolar

Mata Uang Kripto

  • Bitcoin sedikit berubah pada US$60.848,38
  • Ether naik 0,3% menjadi US$2.457

Obligasi

  • Imbal hasil obligasi 10 tahun turun lima basis poin menjadi 3,73%

Komoditas

  • Minyak mentah West Texas Intermediate naik 1,5% menjadi $70,84 per barel
  • Emas spot sedikit berubah

(bbn)

No more pages