Logo Bloomberg Technoz

Namun, survei ini dilakukan sebelum dimulainya pemogokan di pelabuhan-pelabuhan di Pantai Timur dan Teluk AS yang dapat meningkatkan biaya pengiriman dan harga impor. Pemogokan tersebut berdampak pada 36 pelabuhan, yang menangani sekitar setengah dari volume perdagangan AS, dan menghentikan operasi kontainer serta pengiriman mobil.

Indeks lapangan kerja manufaktur ISM turun menjadi 43,9 pada bulan September, mencatat kontraksi selama empat bulan berturut-turut. Laporan ketenagakerjaan terbaru dari Biro Statistik Tenaga Kerja akan dirilis pada Jumat (04/10/2024), dan para ekonom memperkirakan adanya penurunan lebih lanjut dalam sektor manufaktur.

Keterbatasan pengeluaran modal, sebagian karena biaya pinjaman yang tinggi dan ketidakpastian politik menjelang pemilihan presiden, juga menjadi tantangan bagi sektor manufaktur. Selain itu, pasar ekspor yang lemah memberikan tekanan tambahan, dengan indeks pesanan ekspor ISM menunjukkan laju kontraksi terburuk sejak Januari.

Laporan ISM juga menunjukkan bahwa persediaan menyusut pada tingkat tercepat sepanjang tahun ini, mencerminkan kehati-hatian produsen dalam menjaga stok tetap rendah.

(bbn)

No more pages