Logo Bloomberg Technoz

Segini Harga Sambung Listrik Buat Pasang Charger EV di Rumah

Dovana Hasiana
01 October 2024 20:10

Pengisian baterai mobil listrik./Bloomberg-Megan Varner
Pengisian baterai mobil listrik./Bloomberg-Megan Varner

Bloomberg Technoz, Jakarta PT PLN (Persero) memberikan penawaran harga khusus untuk memfasilitasi pelanggan yang ingin memasang pengisian daya atau home charger dari kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) bila daya di rumah tidak mencukupi.

Dikutip dari situs resminya, PLN menyarankan daya listrik minimum yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian daya kendaraan listrik di rumah minimal sebesar 7.700 Volt Ampere (VA) untuk mobil.

Perinciannya, harga penyambungan spesial pasang baru senilai Rp850.000 dari harga normal Rp7 juta. Adapun, PLN menawarkan harga untuk tambah daya sebesar Rp150.000 dari harga normal Rp11 juta. 

“Setiap pembelian mobil listrik, PLN akan menyediakan layanan pemasangan instalasi home charging secara gratis,” ujar Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto kepada Bloomberg Technoz, Selasa (1/10/2024).

Sementara itu, sesuai ketentuan yang berlaku, tarif listrik home charger EV sesuai dengan tarif listrik per golongan daya. Untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik, PLN juga memberikan insentif berupa diskon tarif listrik sebesar 30% pada 22.00 sampai dengan 05.00 WIB hingga 31 Desember 2024.