Logo Bloomberg Technoz

Microsoft Sedang Kehilangan Daya Pikat Meski Punya AI

News
01 October 2024 20:40

Pengembangan teknologi AI dari Microsoft. (Bloomberg)
Pengembangan teknologi AI dari Microsoft. (Bloomberg)

Ryan Vlastelica—Bloomberg News

Bloomberg, Investor mulai mencari nilai lebih baik selain kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), masih di sektor teknologi, yang meneyebabkan saham Microsoft Corp mengalami koreksi terbats dalam beberapa bulan terakhir.

Saham perusahaan perangkat lunak ini hanya naik 1,3% selama enam bulan terakhir, dibandingkan dengan kenaikan hampir 10% untuk Indeks Nasdaq 100. Microsoft  8% di bawah level tertingginya sepanjang masa, sementara reksa dana yang diperdagangkan di bursa dengan instrumen investasi firma teknologi, mencatat rekor hari Senin waktu AS.

Kinerja yang kurang baik ini terjadi karena Microsoft melaporkan hasil yang beragam pada kuartal terakhirnya dan karena AI secara umum kehilangan tenaga sebagai pendorong kenaikan saham.

“Ada beberapa kelelahan seputar AI ketika menyangkut perusahaan-perusahaan seperti Microsoft, mengingat kinerja luar biasa yang mereka miliki,” kata Neville Javeri, manajer dana senior di Allspring Global Investments. Investor “perlu melihat poin bukti tambahan tentang permintaan untuk produk dan layanan AI agar reli dapat bertahan.”