Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Jepang Minta BOJ Tak Tergesa Naikkan Suku Bunga

News
01 October 2024 19:20

Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)
Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)

Yoshiaki Nohara dan Yuki Hagiwara - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ) diimbau untuk berhati-hati dalam mempertimbangkan kenaikan suku bunga lebih lanjut guna memastikan Jepang benar-benar keluar dari deflasi. Hal tersebut dikatakan oleh kata Ryosei Akazawa, Menteri Revitalisasi Ekonomi yang baru.

Akazawa menyampaikan pernyataan tersebut setelah kabinet Perdana Menteri Shigeru Ishiba secara resmi diumumkan. Akazawa, yang dikenal dekat dengan Ishiba, mengungkapkan bahwa stabilitas ekonomi harus diutamakan, khususnya dalam situasi saat ini.

"Saya berharap BOJ berhati-hati dalam mengambil keputusan," kata Akazawa. "Kita tidak boleh mengambil langkah yang berpotensi memperlambat perekonomian. Mengalahkan deflasi harus menjadi prioritas utama."

Komentar Akazawa ini menguatkan sinyal bahwa pemerintahan Ishiba tidak akan segera melakukan normalisasi kebijakan moneter, beberapa hari setelah Ishiba menyatakan belum waktunya membahas kenaikan suku bunga lebih lanjut. Hal ini semakin memperkuat pandangan di pasar bahwa BOJ tidak akan menaikkan suku bunga pada akhir bulan ini.