Logo Bloomberg Technoz

Banyak Dikeluhkan, Begini Cara Pasang Home Charger EV di Rumah

Dovana Hasiana
01 October 2024 18:40

Ilustrasi EV Melakukan Pengisian Daya. (Bloomberg)
Ilustrasi EV Melakukan Pengisian Daya. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pengamat otomotif sekaligus akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu mengatakan proses pemasangan layanan pengisian daya atau home charger dari kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) terdiri dari beberapa tahapan.

Pada umumnya, kata Yannes, tahapan itu dimulai setelah konsumen membeli EV, di mana dealer bekerja sama dengan PT PLN (Persero) atau pihak ketiga untuk membantu pemasangan home charger.

“Konsumen mengajukan permintaan pemasangan, yang kemudian akan diikuti oleh survei kelistrikan rumah untuk memastikan kapasitas listrik memadai. Jika diperlukan, penambahan daya dilakukan dengan waktu sekitar 7—10 hari kerja setelah pendaftaran ke PLN,” ujar Yannes, Selasa (1/10/2024).

Stasiun pengisian daya (charger) mobil listrik (Sumber: Bloomberg)

Dilansir melalui situs resmi, PLN menyarankan daya listrik minimum yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian daya kendaraan listrik di rumah minimal sebesar 7.700 Volt Ampere (VA) untuk mobil.

Setelah itu, petugas PLN melakukan pemasangan perangkat home charging di rumah konsumen. Pemasangan ini bisa melibatkan penambahan daya atau pemasangan meteran baru yang terpisah dari sistem listrik rumah untuk memastikan keamanan dan stabilitas.