Logo Bloomberg Technoz

Ia juga menyinggung perihal harga saham BBRI yang melemah, mencermati hal itu, Analis Maybank 'Setuju' saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengakumulasi saham tersebut dengan strategi Buy on Weakness.

Pergerakan Harga Saham BBRI YtD 2024 (Bloomberg)

Ditambah lagi, BBRI berada dalam posisi yang baik untuk mendapatkan manfaat dari pemotongan suku bunga Bank Indonesia yang diperkirakan akan terus berlanjut.

“Dengan pemotongan suku bunga terbaru oleh Bank Indonesia, kami memperkirakan BBRI akan mendapatkan keuntungan paling besar dalam hal margin karena sensitivitasnya terhadap suku bunga Bank Sentral,” terangnya.

Pemangkasan suku bunga BI Rate diharapkan dapat mengurangi tekanan pada biaya pendanaan. Sementara itu, hasil bunga diperkirakan tetap relatif stabil. Menyeret Margin Bunga Bersih (Net Interest Margin/NIM) dapat meningkat secara bertahap.

Dengan kinerja impresif dan potensi amat baik kedepannya, Maybank Sekuritas menegaskan rating Buy/ rekomendasi Beli saham BBRI dengan target harga Rp6.050/saham. Dengan potensi kenaikan mencapai ‘Cuan’ 14%.

Senada, Analis RHB Sekuritas Andrey Wijaya menyebut kinerja positif BBRI di sepanjang delapan bulan pertama tahun 2024 mencakup 59% dari perkiraan untuk tahun penuh dan juga mencapai 60% dari konsensus pasar di 2024.

“Sebagai perbandingan, laba periode delapan bulan pertama tahun 2023 di angka 58% dari total laba setahun penuh,” jelas Andrey.

RHB Sekuritas juga memperkirakan biaya kredit akan terus menurun, didukung oleh perbaikan kualitas aset secara bulanan. 

Dengan itu, ia mempertahankan rekomendasi Beli saham BBRI dengan target harga dapat mencapai Rp5.900/saham.

“Penurunan harga saham baru-baru ini, yang disebabkan oleh aksi ambil untung jangka pendek, memberikan peluang yang lebih baik untuk mengakumulasi saham tersebut,” tulisnya.

Bank Rakyat Indonesia juga berada dalam posisi yang kuat untuk mendapatkan manfaat dari potensi pemangkasan suku bunga Bank Indonesia yang lebih lanjut, serta dari penurunan biaya kredit yang terus berlanjut (saat ini mendekati target tahunan maksimum sebesar 3%) — yang akan mendukung pertumbuhan laba.

Riset dari Analis Citi Ferry Wong juga menargetkan harga saham BBRI di angka Rp6.000/saham. Begitu juga dengan Analis CGS International Handy Noverdanius, memberikan rekomendasi Beli saham Bank BRI dengan target Rp6.000/saham.

Adapun konsensus para analis yang dihimpun Bloomberg dengan melibatkan 35 analis menghasilkan target harga saham BBRI di angka Rp5.789/saham dalam 12 bulan kedepan. Sebanyak 29 analis kompak merekomendasikan Beli untuk saham BBRI, dengan pandangan Bullish.

(fad/dba)

No more pages