Logo Bloomberg Technoz

EUDR, yang akan mulai berlaku pada Desember, akan mewajibkan para importir ke dalam blok ini untuk membuktikan bahwa komoditas-komoditas seperti kopi, daging sapi, kakao, dan kayu tidak berkontribusi pada deforestasi. 

Namun, kurangnya rincian tentang bagaimana menerapkan peraturan tersebut telah mendorong Kementerian Pertanian Jerman meminta penundaan selama enam bulan, menambah keberatan yang telah disuarakan beberapa negara termasuk Brasil dan Indonesia.

Kesepakatan-kesepakatan tersebut, yang juga dilakukan StoneX dan unit dari Olam Group Ltd, ialah untuk kopi produksi Brasil dan Vietnam. Biji kopi yang sesuai dengan EUDR dijual untuk pengiriman tahun depan dengan harga premium 3 hingga 5 sen di atas harga kontrak berjangka yang diperdagangkan di New York.

Meskipun beberapa komoditas dari Brasil, termasuk sapi dan kedelai, terkadang dikaitkan dengan degradasi Amazon, namun sebagian besar kopi ditanam jauh dari wilayah tersebut. Minas Gerais di bagian tenggara adalah negara bagian penghasil kopi terbesar di Brasil.

Ecom mengatakan mereka "fokus untuk memastikan kesiapan" peraturan yang akan datang. Cofco mengatakan bahwa bisnis kopinya telah melakukan uji coba dengan klien-klien Uni Eropa untuk mempersiapkan implementasi EUDR, meskipun ada kebutuhan yang terus meningkat akan kejelasan dan panduan dari Uni Eropa, menurut juru bicara perusahaan.

Sucafina mengonfirmasi telah melakukan transaksi yang sesuai dengan EUDR.

Ofi, bagian dari Olam Group, Dreyfus, dan StoneX, menolak memberikan komentar terkait artikel ini.

Ketidakpastian mengenai apakah para pedagang akan bisa mematuhi peraturan tersebut memaksa para pembeli bergegas menimbun biji kakao di awal tahun ini. Sekarang para eksportir membuat prosedur baru untuk menjaga agar pengiriman tetap mengalir.

Kelompok eksportir Brasil yang dikenal sebagai Cecafé dan perusahaan data Serasa Experian meluncurkan platform yang memungkinkan para eksportir untuk memeriksa apakah kopi berasal dari lahan yang mengalami deforestasi atau tidak. Sistem ini menggunakan data lokasi perkebunan yang tersedia dalam daftar pemerintah yang dikenal sebagai CAR.

Intercontinental Exchange Inc, rumah bagi pasar berjangka dan opsi kopi, saat ini juga sedang menguji coba sebuah platform yang dibuat melalui kerja sama dengan Meridia Land BV dan Space Intelligence.

(bbn)

No more pages