Logo Bloomberg Technoz

EUDR Belum Final, Pedagang Nekat Jual Biji Kopi ke Eropa

News
01 October 2024 13:50

Pekerja menyebarkan biji kopi Arabika untuk dikeringkan di Kopi Kwadungan, Kab. Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (25/5/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pekerja menyebarkan biji kopi Arabika untuk dikeringkan di Kopi Kwadungan, Kab. Temanggung, Jawa Tengah, Kamis (25/5/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Dayanne Sousa dan Ilena Peng - Bloomberg News

Bloomberg, Pedagang kopi terbesar di dunia mulai mengambil risiko tambahan: menjual biji kopi bebas deforestasi ke Eropa, bahkan sebelum peraturan lingkungan baru yang ditujukan untuk mengatasi penggundulan hutan alias EU Deforestation Regulation (EUDR) atau UU Antideforestasi final ditetapkan.

Perusahaan-perusahaan seperti Sucafina SA, Ecom Agroindustrial Corp, Louis Dreyfus Co, dan Cofco International Ltd telah membuat kesepakatan untuk menjual kopi yang menurut mereka akan mematuhi peraturan deforestasi Uni Eropa yang baru, menurut beberapa pihak yang mengetahui hal tersebut.

Para pedagang yakin pasokan dari produsen-produsen besar seperti Brasil dan Vietnam dapat memenuhi persyaratan. Kesepakatan-kesepakatan tersebut terjadi meskipun blok tersebut belum memberikan rincian mengenai dokumen-dokumen apa saja yang dibutuhkan negara-negara untuk mematuhi peraturan tersebut.

Hal ini berarti para pedagang mengambil risiko tambahan dalam pembukuan mereka, tetapi juga memberi sinyal bahwa perusahaan-perusahaan yakin kopi akan terus mengalir meskipun permintaan untuk menunda peraturan tersebut oleh negara-negara seperti Brasil dan Jerman pada akhirnya gagal.