Logo Bloomberg Technoz

BBN Airlines Masuk RI Saat Bisnis Maskapai Lesu, Bisa Bertahan?

Pramesti Regita Cindy
01 October 2024 13:00

Maskapai BBN Airlines Indonesia./dok. Avia Solutions Group
Maskapai BBN Airlines Indonesia./dok. Avia Solutions Group

Bloomberg Technoz, Jakarta BBN Airlines, maskapai komersial yang baru beroperasi di Indonesia, dinilai memiliki kans untuk bisa bersaing di tengah industri penerbangan nasional yang sedang lesu, dengan dua catatan.

Dalam kaitan itu, pakar penerbangan dan analis independen bisnis penerbangan nasional Gatot Rahardjo mengatakan geliat industri maskapai penerbangan, baik rute domestik maupun internasional, sebenarnya masih memiliki ceruk di Indonesia.

“Pada 2023, jika dibandingkan dengan 2019 [era prapandemi Covid-19], itu untuk domestik baru 83%, sedangkan internasional baru 78%. Jadi masih terbuka pasarnya,” ujarnya saat dihubungi, Selasa (1/10/2024).

Hanya saja, bagi maskapai baru seperti BBN Airlines, kesuksesan mereka dalam bersaing di industri penerbangan Indonesia akan tergantung pada dua hal. Pertama, strategi pemasaran perusahaan. Kedua, kebijakan pemerintah. 

BBN Airlines Indonesia. (Dok. BBN Airlines Indonesia)

Untuk strategi pemasaran, Gatot mengatakan, BBM Airlines sebagai maskapai baru seharusnya bisa mengajukan harga promosi ke otoritas penerbangan atau pemerintah dalam waktu tidak tertentu.