Logo Bloomberg Technoz

BOJ Makin Hati-hati Usai Kenaikan Suku Bunga Bikin Nikkei Anjlok

News
01 October 2024 12:40

Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)
Bank of Japan (BoJ) (Dok: Bloomberg)

Toru Fujioka - Bloomberg News

Bloomberg, Pertemuan anggota dewan Bank of Japan (BOJ) pada September menyoroti perlunya meningkatkan komunikasi dengan pasar keuangan. Sementara beberapa anggota lain menekankan pentingnya untuk tetap waspada terhadap risiko penurunan, menurut rangkuman pendapat dari diskusi tersebut.

"Ketika melakukan kenaikan suku bunga kebijakan lebih lanjut, bank perlu mengomunikasikan sikap kebijakan dan faktor-faktor lain kepada pasar dengan lebih hati-hati," salah satu dari sembilan anggota dewan kebijakan mengatakan pada pertemuan 19-20 September, menurut rangkuman tersebut.

Ringkasan tersebut menunjukkan BOJ akan berusaha untuk memberikan petunjuk yang lebih jelas sebelum menaikkan suku bunga acuannya lagi setelah kenaikan pada 31 Juli dikritik karena memicu penurunan pasar, termasuk penurunan terbesar di Nikkei 225 dalam sejarahnya.

Para investor mencoba untuk menilai apakah bank tersebut akan mencoba untuk menjauh dari reputasinya yang suka membuat kejutan karena dewan kebijakan telah mulai menormalkan kebijakannya sejak Maret.