Logo Bloomberg Technoz

Badai Besar Terpa Taiwan, Sedang Berjuang Selamatkan Awak Kapal

News
01 October 2024 11:30

Sebuah bangunan rusak akibat gempa bumi di Hualien, Taiwan, Kamis (4/4/2024). (An Rong Xu/Bloomberg)
Sebuah bangunan rusak akibat gempa bumi di Hualien, Taiwan, Kamis (4/4/2024). (An Rong Xu/Bloomberg)

Cindy Wang dan Miaojung Lin - Bloomberg News

Bloomberg, Topan Super Krathon membawa angin kencang dan hujan lebat saat menuju Taiwan, di mana pihak berwenang sedang berusaha menyelamatkan 19 orang kru kapal yang terkena musibah.

Otoritas Penjaga Pantai mengatakan bahwa awak kapal curah yang terdaftar di Barbados, “Blue Lagoon”, memutuskan untuk meninggalkan kapal setelah kapal tersebut miring karena banjir. Cuaca buruk menghalangi upaya penyelamatan dengan helikopter, dan sebuah kapal penjaga pantai sedang menuju ke daerah tersebut.

Sekolah dan kantor ditutup di enam kota dan kabupaten di selatan dan timur Taiwan, termasuk di kota pelabuhan industri utama Kaohsiung. Ada sekitar 15 korban luka-luka di pulau tersebut, menurut Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan, dan badai ini dapat menutup kantor-kantor dan pasar-pasar di ibukota Taipei mulai hari Rabu.

Tidak ada laporan langsung mengenai korban jiwa dari Filipina utara, yang dilanda badai pada awal pekan ini. Topan Super Krathon, yang dikenal sebagai Julian di Filipina, telah meninggalkan perairan negara itu pada pukul 9 pagi waktu setempat, menurut biro negara itu.