Logo Bloomberg Technoz

Mardani Soal Penambahan Komisi DPR: Jangan Bengkak, Hambat Gerak

Mis Fransiska Dewi
01 October 2024 10:30

Mardani Ali Sera. (Dok: PKS)
Mardani Ali Sera. (Dok: PKS)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon anggota DPR periode 2024-2029, Mardani Ali Sera menanggapi soal isu penambahan komisi di DPR RI. Ia berharap jumlahnya tidak bengkak karena bisa menghambat gerak kerja DPR RI.

"Tentu akan sangat ditentukan dengan jumlah kementerian. Harapan saya tidak terlalu membengkak karena kadang-kadang membuat kementerian baru itu urusan tetek bengeknya, mulai dari nomenklaturnya, DIPA-nya, struktur organisasi, macam-macamnya bisa menghambat geraknya. Kalau sudah diperhitungkan dengan baik, jalankan," ungkapnya di Komplek DPR, Selasa (1/10/2024).

Mardani pun mengomentari terkait pencapaian Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR periode sebelumnya yang relatif sedikit. Hal tersebut menjadi PR besar bagi jajaran DPR periode 2024-2029. 

"Prolegnas kita kan pencapaiannya kecil, apakah karena dua [faktor], terlalu ambisius atau memang kita kurang mampu bekerja. Nah ini yang harus dijawab pada periode yang akan datang," ujarnya.

Mardani menyinggung soal reformasi politik Indonesia yang dinilainya belum baik. Menurutnya, jebakan pendapatan kelas menengah (middle income trap) Indonesia sangat kuat.