Logo Bloomberg Technoz

FAA Meminta Penyelidikan atas Kecelakaan Roket Falcon 9 SpaceX

News
01 October 2024 06:00

SpaceX. (Dok: Bloomberg)
SpaceX. (Dok: Bloomberg)

Loren Grush - Bloomberg News

Bloomberg, Pihak berwenang Amerika Serikat (AS) meminta investigasi atas kecelakaan yang terjadi setelah peluncuran roket Falcon 9 milik SpaceX, Sabtu lalu.

Federal Aviation Administration mengatakan, setelah mengirimkan dua astronot ke orbit, bagian atas roket Falcon 9 jatuh ke Bumi di luar area pembuangan yang ditargetkan. Meski demikian, badan yang mengeluarkan lisensi peluncuran untuk roket-roket SpaceX ini juga mengatakan, tidak ada korban luka-luka atau kerusakan properti publik yang dilaporkan dari peristiwa tersebut.  

Pada Sabtu lalu, SpaceX meluncurkan seorang astronot NASA dan seorang kosmonot Rusia ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, bagian dari misi yang disebut Crew-9 yang pada akhirnya akan mengembalikan dua astronot yang terjebak di orbit setelah terbang ke luar angkasa dengan taksi luar angkasa yang mengalami gangguan. 

Namun, setelah peluncuran yang sukses, roket Falcon 9 milik SpaceX mengalami masalah ketika mencoba untuk keluar dari orbit. Menurut SpaceX, bagian atas roket jatuh dengan selamat di lautan namun di luar area pendaratan yang seharusnya.