Logo Bloomberg Technoz

Tabungan di Atas Rp5 M Naik 9%, PHK Tak Pengaruh?

Pramesti Regita Cindy
30 September 2024 21:48

Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa menyatakan bahwa sepanjang bulan Agustus saldo tabungan masyarakat di atas Rp5 miliar masih bertumbuh, meski sedikit melambat dibandingkan Juli.

Pertumbuhan pada bulan Agustus 9%, sebagaimana data LPS, bandingkan dengan posisi Juli yang mencapai 10,42%. Meski demikian “dibandingkan dengan tahun lalu itu lebih cepat. Tahun lalu 6,79% [Agustus 2023]. Jadi masih cukup cepat pertumbuhannya,” ucap Purbaya di Jakarta, Senin (30/9/2024).

Klasifikasi tabungan di bawah Rp2 miliar, lanjut Purbaya, juga mengalami pertumbuhan 4,95% pada periode yang sama. Lebih baik dibandingkan Juli 2024 di 4,52%.

Menurutnya pertumbuhan tabungan Rp2 miliar menunjukkan terjadi perbaikan meski perlahan. Bahwa ketakutan ekonomi Indonesia memburuk tidak sepenuhnya betul, jika mengacu pada pertumbuhan jumlah tabungan.

“Kelihatannya tidak seburuk itu, paling nggak sekarang ada indikasi perbaikan di penabung di bawah Rp2 miliar,” ucap dia. Ekonomi dikatakan memburuk jika uang yang tersimpan di bank terkuras.