Logo Bloomberg Technoz

"Nah apakah dana LPS cukup? Anggarannya cukup. Tahun ini dianggarkan kalau tidak salah Rp1,2 triliun. Jadi baru terpakai sekitar 50%-nya. Sekitar segitu. Jadi masih cukup lah. Jadi nasabah jangan khawatir ya."

"Simpanannya akan segera dibayar dan selama ini juga rata-rata setelah dicabut izin usahanya, usahanya itu kira-kira 5 hari kerja itu untuk simpanan yang clean dan clean, sekitar 80% sudah bisa mengambil simpanannya," tekannya.

Untuk diketahui, belum lama ini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin usaha Bank Perekonomian Rakyat (BPR) PT Nature Primadana Capital yang berkantor di Bogor, Jawa Barat. Ini merupakan bank ke-15 yang ditutup regulator pada 2024.

Kepala OJK Jabodebek dan Provinsi Banten Roberto Akyuwen menjelaskan, BPR tersebut dicabut izin usahanya pada 13 September 2024 sesuai dengan Keputusan Anggota Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-70/D.03/2024. BPR Nature Primadana Capital beralamat di Jalan Raya Bogor Km.43, Komplek Ruko Graha Cibinong Blok F Nomor 5, Bogor, Jawa Barat.

“Pencabutan izin usaha PT BPR Nature Primadana Capital merupakan bagian tindakan pengawasan yang dilakukan OJK untuk terus menjaga dan memperkuat industri perbankan serta melindungi konsumen,” kata Roberto dalam keterangan resminya, dikutip Senin (16/9/2024).

Adapun menurut Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae terdapat 20 BPR yang terancam tutup pada 2024. Penyebabnya adalah permasalahan mendasar, yakni fraud atau melanggar aturan yang berlaku.

Ia mengatakan bahwa penutupan BPR tersebut dilakukan pihaknya untuk memperkuat sektor keuangan Indonesia. Pasalnya, beberapa BPR yang ditutup tersebut melakukan banyak pelanggaran.

“Oleh karena itu, jangan terlalu heran kalau Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan akhir-akhir ini terpaksa menutup beberapa BPR, mungkin ada sekitar 20 BPR yang kita tutup,” kata Dian dalam Bisnis Indonesia Mid Year Challenges 2024, bulan Juli.

Berikut ini 15 BPR/BPRS yang izinnya dicabut oleh OJK sepanjang 2024:

1. BPR Wijaya Kusuma

2. BPRS Mojo Artho Kota Mojokerto

3. BPR Usaha Madani Karya Mulia

4. BPR Pasar Bhakti Sidoarjo

5. Perumda BPR Bank Purworejo

6. BPR EDC CASH

7. BPR Aceh Utara

8. BPR Sembilan Mutiara

9. BPR Bali Artha Anugrah

10. BPRS Saka Dana Mulia

11. BPR Dananta

12. BPR Bank Jepara Artha

13. BPR Lubuk Raya Mandiri

14. BPR Sumber Artha Waru Agung

15. BPR Nature Primadana Capital

(wep)

No more pages