Logo Bloomberg Technoz

Demi mendapatkan fitur default terbaru pengguna disarankan memperbarui perangkat software dengan mengikuti langkah:

  1. Membuka Pengaturan

  2. Pilih pembaruan perangkat software

  3. Tekan atau ketuk Unduh dan instal.

  4. Ikuti petunjuk di layar.

Oppo Reno 12 Pro

Fitur yang lazim dikenal object eraser juga hadir pada Oppo Reno 12 Pro, namun bagi produsen lokal China Oppo menyebutnya sebagai AI eraser. Sama seperti Samsung, fitur ini dijalankan berkat model AI yang intuitif. Pastikan sistem operasi terupdate dan telah mendukung fitur AI eraser.

Guna mencoba AI eraser patikan pada menu Pengaturan, hapus objek telah diaktifkan. Pada beberapa kasus fitur ini tidak diaktifkan secara default. 

Pembeda AI eraser 2.0 pada Oppo Reno 12 Pro yaitu hasil yang didapat lebih akurat dan objek yang dilingkari pengguna akan hilang secara otomatis.

Pastikan Anda mengikuti setiap langkah demi menghasilkan hapus objek sesuai keinginan. Untuk panduan, berikut caranya:

  1. Pilih foto yang Anda inginkan.

  2. Tekan tombol Edit dan pilih fitur AI Eraser

  3. Untuk mendapatkan kemudahan bisa pilih Smart Lasso dan kemudian melingkari obyek yang akan dihapus. 

  4. AI Eraser 2.0 memproses permintaan hapus objek pada foto

  5. Pilih objek Remove People jika pengguna Oppo Reno 12 Pro ingin secara otomatis menghapus manusia dalam frame foto.

iPhone dengan iOS 18

Fitur hapus objek pada iPhone iOS 18. (Apple)

Smartphone dari Apple Inc juga menghadirkan fitur hapus objek tanpa mempersyaratkan iPhone rilisan tertentu. Hal yang wajib dipenuhi hanyalah pembaruan iOS 18.

Clean Up memungkinkan pengguna menghapus sebuah objek pada foto yang tidak diinginkan, sebelum menyimpan akan membagikannya di halaman media sosial. Clean Up berjalan dengan teknologi AI, bahkan diklaim mampu mengenali bayangan atau pantulan objek untuk kemudian disempurnakan. iOS 18 secara langsung akan hadir pada iPhone 16, yang resmi dijual pada 20 September lalu.

iPhone 16 untuk pasar Indonesia masih menunggu jadwal rilis dari Authorized Reseller, seperti iBox, Blibli.com serta Digimap, karena Apple belum memiliki toko ritel secara resmi. Beberapa rumor menyatakan iPhone 16 resmi bakal dijual 25 Oktober 2024, namun perwakilan Authorized Reseller menolak berkomentar.

Dengan model AI bernama Apple Intelligence, layanan foto pada iPhone juga mengalami banyak pembaruan, dimana pengguna akan melihat tampilan grid foto di bagian atas aplikasi dan folder yang diatur sesuai tema di bagian bawah.

Pengguna juga dapat menyortir konten visual berdasarkan bulan dan tahun, serta menggunakan tombol filter untuk menyembunyikan screenshot. Bagian collections memungkinkan pencarian foto berdasarkan beberapa topik seperti waktu, orang, memori, dan perjalanan.

Huawei Pura 70

Meski tidak sepopuler hp asal China lain, Huawei juga sudah lama memiliki fitur hapus objek, salah satunya pada seri Huawei Pura 70. Berkat kemampuan AI bahkan hp Huawei bisa menghilangkan pakaian secara tidak sengaja, yang sempat menjadi kontroversi.

Fungsi penghilangan objek yang didukung oleh AI pada Huawei Pura 70 dijalankan oleh smart AI retouching. Postingan protes justru muncul karena terkesan hasil menghapus objek menjadi  mengekspos bagian tubuh seseorang tanpa persetujuan mereka.

Huawei mengakui terdapat celah dalam algoritma AI dan persoalan ini selesai saat pengguna memperbarui sistem operasi, dilansir Gizmochina. AI telah lama disorot atas kemampuannya yang  disalahgunakan atau pelanggar privasi.

Secara umum untuk mengaktifkan layanan hapus objek pada foto bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Masuk DeviceManager
  2. Pilih  Provisioning lalu geser dan pilih  Resource Performance Tuning
  3. Masuk ke SmartQoS  dan pilihTraffic Control
  4. Pilih kebijakan kontrol lalu lintas yang ingin Anda hapus objeknya, klik kanan, kemudian pilih Remove Object
  5. Kotak dialog Hapus Objek ditampilkan

Memulai menghapus ojek:

  1. Pilih objek yang ingin Anda hapus pada foto
  2. Klik untuk memindahkannya ke area objek yang dipilih, dan klik Ok
  3. Kotak dialog peringatan keamanan ditampilkan.
  4. Konfirmasikan informasi di kotak dialog, pilih "Saya telah membaca dan memahami konsekuensi yang terkait dengan pelaksanaan operasi ini", lalu klik Ok
  5. Kotak Execution Result ditampilkan, yang mengindikasikan bahwa operasi berhasil.
  6. Setelah selesai klik Close atau Tutup

(wep)

No more pages