Logo Bloomberg Technoz

Tak Melawan, Kata Arteria Soal Mundur dari DPR Demi Trah Soekarno

Mis Fransiska Dewi
30 September 2024 15:45

Arteria Dahlan (@arteriadahlan)
Arteria Dahlan (@arteriadahlan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Politikus PDIP Arteria Dahlan buka suara tentang alasannya membuat surat pengunduran diri dari calon legislatif daerah pemilihan Jawa Timur VI. 

Padahal, sebagai peraih suara tertinggi ketiga, dia berpotensi kembali melenggang menjadi anggota DPR 2024-2029. Hal ini bisa terjadi karena peraih suara tertinggi kedua, Sri Rahayu yang mendapat jatah satu kursi di dapil tersebut menyatakan mengundurkan diri.

Keputusan Arteria mengikuti jejak Sri Rahayu lantas membuat cucu Soekarno atau anak dari Rachmawati Soekarnoputri, Romy Soekarno terpilih menjadi anggota DPR 2024-2029 meski sebenarnya berada di posisi keempat.

"Di tengah hiruk pikuk banyaknya orang yang menyarankan atau menganggap saya akan melawan [PDIP]; di tengah salah seorang kolega saya Tia Rahmania [Dapil Banten] yang tengah mengajukan upaya hukum terhadap Partai,  saya memilih untuk mengambil jalan yang berbeda," kata Arteria di Kompleks DPR, Senin (30/9/2024).

"Walaupun saya tetap menghormati upaya hukum yang Tia lakukan setidaknya sebagai kritik dan otokritik bagi Partai. Pastinya sikap tidak melawan ini cukup mengherankan dan mengecewakan beberapa pihak."