Logo Bloomberg Technoz

4 Cara Penyajian Kopi yang Baik Untuk Menurunkan Berat Badan

Referensi
30 September 2024 15:36

Karyawan menyangrai biji kopi di salah satu tempat penjualan kopi di Jakarta, Selasa (16/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan menyangrai biji kopi di salah satu tempat penjualan kopi di Jakarta, Selasa (16/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kopi bukan hanya sekedar minuman untuk mengusir kantuk. Kopi juga memiliki beragam manfaat kesehatan, termasuk membantu menurunkan berat badan.

Berdasarkan penelitian dari Harvard TH Chan School of Public Health, mengonsumsi empat cangkir kopi setiap hari dapat membantu mengurangi lemak tubuh hingga sekitar 4%. Namun, efektivitasnya bisa berbeda-beda tergantung pada jenis kopi yang Anda minum.

Dengan memilih jenis kopi yang tepat, Anda bisa menikmati cita rasa kopi sambil mencapai tujuan penurunan berat badan.

Jadi, jenis kopi apa saja yang efektif membantu menurunkan berat badan? berikut ulasannya yang dirangkum Bloomberg Technoz dari berbagai sumber, Senin (30/9/2024)

Seorang barista menyiapkan secangkir kopi di sebuah kafe di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (26/5/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

1. Kopi dengan Kayu Manis

Kopi hitam atau espresso biasa dapat berubah menjadi minuman pembakar lemak jika Anda menambahkan sedikit kayu manis ke dalamnya. Menurut Times of India (28/3/2023), kombinasi antara kafein dan antioksidan dalam kayu manis bisa meningkatkan metabolisme, yang pada akhirnya mempercepat proses pembakaran lemak.