Logo Bloomberg Technoz

Hal ini menandai perubahan haluan dari awal tahun ini, ketika harga-harga pangan sebagian besar terkendali oleh pasokan yang sehat dan permintaan yang lesu di pasar-pasar utama seperti China.

Jika rebound terus berlanjut, hal ini dapat memengaruhi harga di supermarket-supermarket, kata Dennis Voznesenski, direktur asosiasi ekonomi berkelanjutan dan pertanian di Commonwealth Bank of Australia.

Indeks pertanian melacak bahan makanan pokok yang digunakan untuk memberi makan ternak, mempermanis minuman, dan memanggang roti.

Tanaman yang lebih kecil seperti kakao—yang penting bagi pembuat cokelat—juga menguat pada tahun 2024 setelah kekurangan pasokan dari Afrika Barat, dan gangguan cuaca membuat harga sayuran melonjak di beberapa negara.

Harga panen. (Bloomberg)

Gandum berjangka di Chicago naik pada September di tengah kekhawatiran bahwa cuaca buruk di negara-negara pengekspor utama dapat semakin menekan stok global yang telah mencapai titik terendah dalam sembilan tahun terakhir.

Ladang-ladang di Australia menghadapi ancaman kekeringan dan embun beku, dan kurangnya hujan di wilayah Laut Hitam menghambat penanaman untuk panen tahun depan.

Sementara itu, kontrak berjangka kedelai ditetapkan untuk kenaikan bulanan terbesar dalam dua tahun terakhir karena negara penghasil kedelai terbesar, Brasil, sedang menghadapi kekeringan terburuk dalam beberapa dekade terakhir.

Kondisi kering—yang telah menahan laju penaburan awal—diperkirakan akan terus berlanjut di beberapa daerah, kata peramal cuaca Maxar dalam catatannya pada Jumat (27/9/2024).

Kebakaran juga terjadi di ladang-ladang tebu di negara ini, mendorong harga kontrak berjangka untuk bahan pemanis ini naik hampir 17% bulan ini.

Kopi Arabika naik ke harga tertinggi sejak 2011 karena cuaca buruk di sana berdampak pada pohon-pohon selama periode pembungaan yang krusial. Varietas kopi robusta yang biasanya lebih murah juga terkena dampak cuaca buruk, sehingga harganya menjadi hampir sama mahalnya.

Kekeringan di daerah kopi Vietnam, yang diikuti oleh hujan lebat menjelang panen, telah merusak hasil panen di petani utama.

Di tempat lain di Asia Tenggara, pasokan minyak kelapa sawit semakin menipis seiring dengan bertambahnya usia pohon-pohon kelapa sawit, mendorong harga minyak kelapa sawit berjangka ke level tertinggi dalam lima bulan terakhir dan premium yang jarang terjadi pada minyak kedelai yang menjadi saingannya.

Pergerakan harga kopi Arabica. (Bloomberg)

Semua ini berarti lebih banyak masalah di seluruh rantai pasokmulai dari para petani yang harus berjuang melawan pencurian biji kopi sampai para konsumen yang harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli burger.

Hedge fund bertaruh pada kenaikan lebih lanjut, meningkatkan taruhan net-bullish pada gula, bungkil kedelai, dan kakao pada 24 September, data pemerintah menunjukkan.

Kekeringan di sebagian besar wilayah Brasil utara dan tengah kemungkinan akan terus mengancam panen di negara agrikultur kelas berat ini, analis di JPMorgan Chase & Co mengatakan dalam laporan pekan lalu.

Ditambah lagi, para trader memantau ketegangan di Timur Tengah dan Laut Hitam dan bagaimana hasil pemilihan umum AS yang akan datang berdampak pada hubungan dagang dengan China, menurut Whitehead.

"Ada tingkat volatilitas yang masuk akal yang membuat pasar tidak tertidur," katanya. "Tetaplah melihat ke langit dan mata Anda tetap tertuju pada politik."

(bbn)

No more pages