Logo Bloomberg Technoz

Ini Arti & Aturan Pengibaran Bendera Setengah Tiang 30 September

Referensi
30 September 2024 14:19

Bendera Setengah Tiang (Dok. Istimewa)
Bendera Setengah Tiang (Dok. Istimewa)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengibaran bendera setengah tiang pada tanggal 30 September 2024 merupakan seremonial yang terkait dengan peristiwa sejarah di masa lalu. Di era orde baru, pengibaran bendera setengah tiang wajib dilakukan masyarakat Indonesia. 

Berbeda dengan era orde baru, pemasangan bendera setengah tiang saat ini hanya sekedar himbauan saja untuk mengingatkan peristiwa Gerakan 30 September (G30S). Selain itu, hari ini juga dimaknai sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Dalam peristiwa 30 September 1965, ada 6 perwira tinggi militer berpangkat jenderal dan 1 perwira menengah yang menjadi korban konflik politik pada masa itu, yang kemudian ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi. 

Mengenang Tragedi Gerakan 30 September

Berdasarkan data dari Ensiklopedia Sejarah Indonesia, peristiwa ini terjadi pada malam hari tanggal 30 September hingga dini hari 1 Oktober 1965. Gerakan tersebut dipimpin oleh Letnan Kolonel Untung dan melibatkan sejumlah perwira serta anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dalam aksi tersebut, tiga jenderal yaitu Letnan Jenderal Ahmad Yani, Brigadir Jenderal Donald Izacus Pandjaitan, dan Mayor Jenderal Harjono Mas Tirtodarmo, tewas saat upaya penculikan berlangsung.