Logo Bloomberg Technoz

Cip baru A18 ditanamkan pada iPhone 16 base model dengan klaim 30% lebih cepat dibanding pendahulunya. Cip A18 juga punya efisiensi daya lebih baik hingga umur baterai lebih baik.

Kamera iPhone 16 dan 16 Plus juga mumpuni dengan lensa utama 48 MP, ditambah telefoto 12 MP untuk zoom optik 2x. Perekaman video spasial juga hadir hingga hasilnya dapat ditonton di Apple Vision Pro.

iPhone 16 Plus. (Bloomberg)

Spesifikasi iPhone 16 Pro hingga 16 Pro Max

Lini premium iPhone 16 dibanderol dengan harga mulai dari Rp15,5 juta hingga Rp21,6 juta. Penetapan harga resmi untuk pasar Indonesia besar kemungkinan lebih mahal karena terdapat sejumlah penambahan bea masuk hingga pajak.

Dengan puluhan juta rupiah untuk satu perangkat iPhone 16 premium Anda akan mendapatkan cip yang lebih canggih, A18 Pro. Hasilnya tentu iPhone bisa efisien namun cepat. 

Klaim ini berpengaruh langsung pada keawetan baterai yang terlama di antara semua iPhone yang pernah ada. Material titanium diperhatikan pada bodi. Membuat lini premium iPhone 16 kuat namun punya bobot ringan.

Tahun ini iPhone 16 juga menghadirkan Control Camera Button, hingga pengguna lebih mudah mengontrol fokus dan zoom seperti halnya pada kamera DSLR.

Pada fitur kamera ditanamkan lensa utama 48 MP, dilengkapi sensor quad-piksel yang lebih cepat, memungkinkan resolusi dan frame-rate tertinggi di iPhone.

Apple Intelligence

Ilustrasi layanan Apple Intelligence. (Dok: Apple)

Seluruh model iPhone 16 dilengkapi dengan model AI terbaru Apple Intelligence. Apple sebelumnya memperkenalkan sistem kecerdasan buatan khusus personal, demi menjaga persaingan dengan perangkat lain seperti Samsung Electronic, ataupun layanan model AI yang lebih canggih, seperti OpenAI dan Microsoft.

Pengguna iPhone 15 model Pro bisa mencoba layanan betanya sejak pekan terakhir September, dimana layanan bisa membantu menyelesaikan tugas dengan mudah namun diklaim tetap menjalankan perlindungan privasi. Selain pada iPhone, Apple Intelligence juga hadir pada iPad dan Mac yang memiliki sistem operasi terupdate.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit teks, emoji, serta gambar dengan lebih mudah. Apple Intelligence akan tersedia sebagai pembaruan di iOS 18 pada akhir 2024, dan akan mendukung bahasa Inggris, dengan bahasa tambahan seperti Spanyol, Prancis, Jepang, dan Mandarin pada tahun 2025.

Bagi penggemar game, cip A18 juga mendukung ray tracing berbasis hardware, yang memungkinkan tampilan visual dalam game menjadi lebih realistis dengan pantulan cahaya yang dinamis.

Ilustrasi layanan Apple Intelligence. (Dok: Apple)

CEO Apple Inc Tim Cook menyampaikan bahwa Apple Intelligence menjadi pertaruhan baru perusahaan dimana berkolaborasi perangkat hardware dan software dengan harapan mampu memikat pengguna untuk membeli atau upgrade smartphone lama mereka.

Chief software Apple Craig Federighi menyatakan bahwa rilis hari ini merupakan permulaan dari langkah besar bagi raksasa teknologi ini, yang telah berlomba untuk mengembangkan serangkaian model AI.

Apple Intelligence akan menyertakan asisten digital Siri yang telah ditingkatkan dan kemampuan untuk membuat emoji khusus dengan petunjuk teks. Oktober merupakan bulan eksperimen Apple Intelligence demi menggoda pelanggan.

Beli di Luar Negeri iPhone 16, Berapa Harganya?

Bagi Anda yang sudah tidak sabar bisa membeli iPhone 16 hingga 16 Pro Max di negara tetangga seperti Singapura atau Malaysia, di mana perangkat ini sudah tersedia lebih cepat.

Hal ini sering dilakukan oleh para pecinta gadget di Indonesia karena lebih praktis dan biasanya bisa mendapatkan barang lebih cepat daripada menunggu rilis resmi di Tanah Air.

Di Singapura, harga iPhone 16 termurah, yakni varian 128GB, dibanderol sebesar S$1.299 atau sekitar Rp15,3 juta (dengan kurs Rp11.838 per S$1). Selain itu, Apple juga menyediakan varian dengan kapasitas memori yang lebih besar seperti 256GB dan 512GB dengan harga yang tentu saja lebih tinggi.

Untuk daftar harga iPhone 16 untuk pasar Malaysia termurahnya iPhone 16 128GB sekitar  RM3.999 (Rp 14,1 juta) dan termahal iPhone 16 Pro Max 1TB sekitar RM7.999 (Rp 28,3 juta). Namun pastikan Anda menyediakan anggara lebih karena adanya biaya registrasi IMEI dan penambahan biaya; Bea Masuk, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 22 impor.

(wep)

No more pages