Logo Bloomberg Technoz

Badan cuaca Taiwan memperingatkan akan adanya hujan yang sangat deras di wilayah timur dan selatan.

Sementara itu, pihak berwenang transportasi mengatakan bahwa penyeberangan kapal dan penerbangan domestik akan dibatalkan. Penerbangan internasional tetap tidak terpengaruh.

"Berhati-hatilah jika Anda melewati wilayah timur Taiwan dan daerah pegunungan selatan dalam beberapa hari ke depan," kata peramal cuaca dari Badan Administrasi Cuaca Pusat, Wu Wan-hua, Senin (30/9/2024).

Meskipun badai diperkirakan akan terjadi di Samudra Pasifik sepanjang tahun ini, pemanasan global meningkatkan intensitas badai dan menguji kesiapan negara-negara dalam menghadapi kerusakan yang diakibatkan oleh cuaca ekstrem pada pertanian, infrastruktur, dan ekonomi mereka.

Awal bulan ini, Topan Super Yagi meninggalkan jejak kehancuran di Vietnam dan menyebabkan kerusakan pada tanaman dan infrastruktur di seluruh wilayah tersebut.

Badan cuaca Filipina juga mengatakan bahwa sistem ini, yang dikenal dengan nama Julian, dapat "mencapai kategori topan super" dan telah menempatkan beberapa pulau dalam keadaan siaga ketika sistem ini melintasi bagian utara nusantara.

(bbn)

No more pages