Logo Bloomberg Technoz

Badai ini mungkin menjadi salah satu yang paling mahal. Kerugian akibat banjir dan kerusakan yang ditimbulkan oleh Helene bisa mencapai antara US$95 miliar hingga US$110 miliar, menurut perkiraan peramal cuaca komersial AccuWeather Inc. Hal ini akan dengan mudah menempatkannya di antara lima badai terburuk yang pernah melanda AS.

Membersihkan sisa-sisa air banjir di Asheville akibat badai Helene. (Bloomberg)

Helene menerjang daratan Florida pada Kamis (26/9/2024) sebagai badai Kategori 4 pada skala Saffir-Simpson lima langkah sebelum melaju ke utara melintasi Georgia menuju Pegunungan Appalachian, di mana badai ini menyebabkan banjir terburuk yang pernah tercatat.

Sedikitnya 64 orang tewas, menurut Associated Press. Banyak kota terputus karena jalan-jalan terendam air dan layanan telepon serta listrik terputus.

"Ini adalah peristiwa terburuk dalam sejarah kantor kami," tulis kantor Layanan Cuaca Nasional di Greenville-Spartanburg dalam pernyataannya. "Kami sangat terpukul oleh banjir yang mengerikan dan kerusakan akibat angin yang meluas yang disebabkan oleh Badai Helene di seluruh wilayah prakiraan kami."

Tim SAR dari 19 negara bagian lain telah dikirim ke North Carolina, dan sejauh ini telah membantu menyelamatkan lebih dari 200 orang dari banjir akibat Badai Helene. Evakuasi diperintahkan ke hilir dari beberapa bendungan di North Carolina dan Tennessee.

"Ini adalah badai bersejarah dan bencana bagi North Carolina Barat dan saya berterima kasih kepada para petugas tanggap darurat yang bekerja saat ini untuk menyelamatkan nyawa dan mengevakuasi penduduk," ujar Gubernur Roy Cooper dalam pernyataannya.

"Upaya-upaya juga sedang dilakukan untuk memulihkan aliran listrik dan komunikasi, dan kami membawa pasokan yang dibutuhkan melalui udara."

Presiden Joe Biden menyetujui deklarasi bencana di Alabama, Florida, North Carolina, Georgia, South Carolina, dan Tennessee, menurut pernyataannya. Badan Manajemen Darurat Federal telah mengirimkan lebih dari 800 anggota staf ke wilayah tersebut.

Hamill mengatakan bahwa pusat prakiraan sungai bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan listrik di seluruh wilayah tersebut karena perusahaan-perusahaan tersebut mengeluarkan air di belakang bendungan untuk memetakan aliran ke hilir. 

Di seluruh wilayah tersebut, 62 alat pengukur sungai berada pada tahap banjir dengan sekitar 1% berada pada tingkat yang lebih tinggi.

Sedangkan untuk Helene sendiri, telah terserap ke dalam sistem cuaca yang lebih besar yang bergerak melintasi Pegunungan Appalachian tengah yang membawa sekitar 1 inci (2,5 cm) hujan ke wilayah tersebut, kata Bryan Jackson, peramal cuaca di Pusat Prediksi Cuaca AS. Hujan tidak akan turun pada tingkat ekstrem seperti yang terjadi minggu lalu.

(bbn)

No more pages