Logo Bloomberg Technoz

Badai Helene Picu Banjir Mematikan di Selatan AS, 64 Orang Tewas

News
30 September 2024 11:50

Banjir akibat badai Helene terjang Asheville, North Carolina. (Melissa Sue Gerrits/Getty Images)
Banjir akibat badai Helene terjang Asheville, North Carolina. (Melissa Sue Gerrits/Getty Images)

Brian K Sullivan dan Lauren Rosenthal - Bloomberg News

Bloomberg, Banjir mengancam lebih banyak kerusakan di Georgia dan Carolina Selatan karena wilayah Selatan AS masih bergelut dengan sisa-sisa Badai Helene. Badai tersebut menewaskan sedikitnya 64 orang, menghancurkan rumah-rumah, dan menyebabkan jutaan orang tidak mendapatkan aliran listrik.

Meskipun Helene telah sepenuhnya terserap oleh sistem cuaca yang lebih besar dan hujan terburuk telah berlalu, air banjir masih meluap dari pegunungan di mana mereka telah menghancurkan kota-kota di sepanjang jalan, termasuk Asheville, North Carolina.

Banjir juga telah memutus pasokan air bersih, dan Komisi Air Greeneville di Tennessee mengatakan kepada penduduk bahwa mereka tidak yakin kapan kerusakan akan diperbaiki.

"Kami masih berada dalam masa kritis, khususnya di beberapa titik di South Carolina dan Georgia," ujar Todd Hamill, ahli hidrologi dari Pusat Prakiraan Sungai Tenggara Amerika. "Kami melihat beberapa perbaikan, tetapi kami masih memiliki 24 jam atau lebih titik-titik kritis terutama di Carolina Selatan."