Logo Bloomberg Technoz

Ribuan Hakim Cuti Massal, KY Kok Lapor ke Prabowo?

Mis Fransiska Dewi
30 September 2024 11:10

Prabowo Subianto./Bloomberg-Christopher Pike
Prabowo Subianto./Bloomberg-Christopher Pike

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Yudisial (KY) dikabarkan justru telah membahas tentang rencana peningkatan kesejahteraan hakim ke Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto. Padahal, Prabowo baru akan dilantik menjadi presiden bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden pada 20 Oktober mendatang.

Hal ini diungkap Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat menanggapi adanya rencana cuti massal sekitar 1.326 hakim pada 7-11 Oktober 2024. 

"Setahu saya bahwa ketua Komisi Yudisial itu juga sudah bertemu dengan presiden terpilih Prabowo Subianto dalam rangka kesejahteraan hakim," kata Dasco di Kompleks DPR, Senin (30/9/2024).

Menurut dia, dalam pertemuan tersebut, KY sudah menyampaikan kepada Prabowo sejumlah usulan yang bisa direalisasikan pada pemerintahan mendatang. Meski tak detil, kata dia, Prabowo-Gibran memang menjanjikan akan adanya peningkatan kesejahteraan bagi para hakim.

Hal ini menjadi dasar bagi dirinya mengkritik rencana cuti massal ribuan hakim muda tersebut. Menurut Dasco, para hakim tak perlu melakukan aksi yang merugikan pelaksanaan peradilan tersebut.