Logo Bloomberg Technoz

Para pemilih secara konsisten menominasikan ekonomi sebagai perhatian utama mereka, dengan mantan Presiden AS dari Partai Republik Donald Trump memimpin saingannya dari Partai Demokrat dalam berbagai survei. 

Kamala Harris, bagaimanapun, telah menutup kesenjangan pada isu-isu ekonomi dalam jajak pendapat baru-baru ini. Jajak pendapat Bloomberg/Morning Consult terhadap para pemilih di tujuh negara bagian swing states minggu ini menemukan bahwa ia berada dalam posisi imbang dengan Trump.

Persaingan ini dinilai dalam hal siapa yang lebih dipercaya oleh para pemilih untuk menangani harga barang dan memiliki keunggulan 11 poin yang mencolok dalam hal siapa yang paling membantu kelas menengah. 

Peta negara bagian berdasarkan tingkat pertumbuhan ekonomi jelang pemilu di AS.

Angka-angka PDB tidak mencakup bulan-bulan terakhir, dan data tingkat negara bagian dapat berubah-ubah.

Meski demikian, ekonomi yang lebih kuat di negara bagian “blue wall” berpotensi penting secara politis karena Demokrat melihat mereka sebagai kunci untuk mempertahankan Gedung Putih bahkan sebelum Harris mengambil alih kursi tersebut.

Ketiga negara bagian secara kelompok telah mengalami keterlambatan pemulihan sejak pandemi, tumbuh hanya sepertiga dari tingkat per kapita riil di seluruh AS antara 2019 dan akhir 2023, menurut analisis Bloomberg yang diterbitkan bulan lalu.

Wisconsin mengalami perubahan terbesar dalam data PDB terbaru, tumbuh pada tingkat inflasi tahunan yang disesuaikan dengan inflasi sebesar 4,2% pada kuartal kedua setelah mengalami kontraksi pada tingkat 1,1% dalam tiga bulan pertama tahun ini. PDB riil naik 4,2% di Michigan dan 3,2% di Pennsylvania. 

“Negara bagian kuncinya adalah Pennsylvania, tentu saja,” kata Mark Zandi, kepala ekonom di Moody's Analytics, yang berbasis di negara bagian tersebut. “Kota-kota besar seperti Philly dan Pittsburgh mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan yang sangat kuat di bidang perawatan kesehatan, pendidikan, dan jasa keuangan,” sementara negara bagian lainnya ‘bertahan dengan baik’.

Walau tidak banyak membuka lapangan kerja baru di pabrik, manufaktur sebagai kontributor PDB cukup signifikan, begitu juga dengan konstruksi, ujarnya.

Arizona, Georgia, dan North Carolina, yang ekonominya berkembang pesat selama pemulihan pandemi, mengungguli negara bagian lain di AS pada kuartal terakhir. Namun, di Nevada, pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua terseret oleh sektor akomodasi dan layanan makanan.

Sejauh ini, ekonomi masih menjadi satu-satunya isu yang paling penting bagi para pemilih dalam jajak pendapat Blomberg/Monrning Consult, dan lebih dari dua pertiga responden berpikir bahwa ekonomi berada di jalur yang salah. 

Trump terus memimpin atas Harris di antara para pemilih ketika ditanya siapa yang lebih mereka percayai untuk menangani ekonomi. Namun, sang wakil presiden telah mengikis keunggulannya. 

Kenyataannya bagi banyak orang adalah bahwa meskipun tingkat inflasi telah melambat, harga-harga untuk segala hal mulai dari perumahan hingga bahan makanan tetap tinggi dibandingkan sebelum pandemi.

Negara bagian AS penentu dalam pemilu pilpres AS.

Ekonom Mark Vitner, pendiri Piedmont Crescent Capital yang berbasis di North Carolina, mengatakan bahwa negara-negara bagian seperti Georgia dan North Carolina jelas diuntungkan oleh dorongan pemerintahan Biden untuk investasi baru di bidang kendaraan listrik dan pabrik-pabrik manufaktur energi ramah lingkungan.    

Vitner memperingatkan bahwa data PDB di tingkat negara bagian sering kali mengalami revisi besar. Angka pertumbuhan yang kuat di suatu negara bagian seringkali tidak diterjemahkan ke dalam suara, bahkan di tahun pemilu.  

“Orang-orang tidak memasukkan PDB ke dalam tangki bensin mereka. Mereka tidak membeli PDB di toko kelontong. Dan di situlah sebagian besar kecemasan dalam perekonomian.Seseorang yang bekerja di pabrik mobil listrik di Greensboro, North Carolina, sama frustrasinya dengan harga gas yang lebih tinggi dibandingkan jika mereka bekerja di pabrik mebel,” kata Vitner.

(bbn)

No more pages