Logo Bloomberg Technoz

Alasan Terbaru Kamala Harris Bisa Memang Pemilu AS Atas Trump

News
29 September 2024 10:06

Kamala Harris. (Dok: Bloomberg)
Kamala Harris. (Dok: Bloomberg)

Shawn Donnan dan Alex Tanzi—Bloomberg News

Bloomberg, Menjelang pemungutan suara pemilu Amerika Serikat (AS), posisi capres dari Partai Demokrat Kamala Harris masih unggul dari Donald Trump. Swing state atau negara bagian yang dinilai jadi titik penentuan pemimpin Gedung Putih pun condong wakil Presiden AS Joe Biden ini.

Sebab enam dari tujuh negara bagian yang menentukan, telah mengalami pertumbuhan lebih cepat daripada ekonomi AS secara keseluruhan pada kuartal kedua.

Paling menonjol adalah kebangkitan kembali di negara-negara industri “tembok biru” istilah negara bagian industri utama. Pertumbuhan produk domestik bruto yang disesuaikan dengan inflasi di Michigan dan Wisconsin termasuk di antara 10 yang tercepat di negara ini, dan Pennsylvania pulih pasca mengalami kontraksi pada kuartal pertama, menurut data Biro Analisis Ekonomi yang diterbitkan pada hari Jumat.

Pertumbuhan di negara bagian sunbelt, Arizona, Georgia, dan North Carolina tetap lebih kuat dari rata-rata nasional. Hanya Nevada yang tertinggal di belakang kenaikan 3% dalam PDB AS dengan kenaikan 1,8%.